Kamis, 10 September 2015

Berbagi Pengalaman & Tips Membatalkan Tiket Kereta Api Ala runa


Halooo guys, jumpa lagi dengan cerita runa. Udah lama gak nge-review film yah kayaknya, aku bosen btw huhu maafkan saya. Tapi insyaallah ntar deh kalo nemu film yang super dahsyat aku review-in buat kalian. Tapi kalo mau sekedar Tanya-tanya referensi film boleh kok Tanya-tanya via twitterku  @fahrunnisaa. Insyaallah aku jawab sebisaku hehe. Okay, postingan terakhir kemaren itu tips berbelanja online di tokopedia. Udah baca belom? Belom ya? Huft okay padahal banyak informasi penting dan tips yang aku bagikan secara cuma-cuma lohh dan itu bermanfaat banget (kayaknya) ya sudah.

Kali ini aku bakal posting tentang tips membatalkan tiket kereta api sesuai dengan pengalaman aku yaaa. Mungkin bagi perantau yang mengandalkan kereta api sebagai transportasi untuk pulang kampung tips ini penting buat kalian, yaa siapa tau kalian beli tiket buat hari A ternyata  pas hari A itu kalian gajadi berangkat naik kereta, mau kalian ikhlasin atau dibatalin trus dapet refund? Hehe. Kalo aku sih ambil refund dong, maklum anak kos sekecil apapun itu duit selama masih menjadi hak kita ya ambil aja hehe. Lumayan loh buat makan, jajan, atau beli buku di gramedia.

FYI, ini syarat-syarat untuk pembatalan tiket dan beberapa layanan dari PT.KAI bisa dibaca disini

Oke saatnya share pengalaman dan tips kece buat kalian. Simak yaah…

Pengalaman
Waktu itu aku berniat membatalkan tiket pulang ke Jakarta karena ada suatu hal yang tidak bisa ditinggalkan, kalo gak salah itu tiket buat bulan juni dan aku membatalkannya di bulan april, inget yaa kalo mau ngebatalin tiket jangan mepet-mepet waktunya. Langsung deh aku ke stasiun senen untuk melakukan pembatalan tiket. Sampe stasiun jam 9 pagi dan langsung ambil nomor antrian untuk membatalkan tiket (untuk layanan pembatalan tiket ambil nomor antrian yang A)  dan aku dapet antrian ke 100 sekiann dan masih ada 80-an orang lagi yang belom dipanggil.  Huhu busyeet bakal lama nunggu kan di stasiun tapi untung waktu itu aku ditemenin sama osi, my super duper best friend yang kebetulan lagi di Jakarta. Alhamdulillah banget ada yang nemenin. 

Sambil nunggu dipanggil, aku mengambil form pembatalan tiket di tempat yang telah disediakan. Warna form untuk membatalkan tiket adalah warna pink. aku isi deh formnya sesuai identitas diri, oh iya untuk pengembalian uang kalian bisa pilih, ambil di stasiun atau transfer. Kalo transfer itu proses refund-nya lama bisa sampe  2 bulan lebih, tapi kalo ngambil di stasiun langsung bisa diambil sebulan setelah melakukan pembatalan. Akupun memilih yang ambil di stasiun.

setelah beberapa jam nunggu akhirnya nomor antrianku dipanggil, aku pun segera ke loket dan menyerahkan form pink tadi, KTP, dan fotokopi KTP. Penjaga loket memroses tiket pembatalanku kemudian form pink itu di kembalikan lagi ke aku dan diberi tambahan catatan di belakang form untuk bukti pengambilan refund nanti. Abis itu udah deh tinggal nunggu sebulan duitnya udah bisa diambil.

SAD MOMENT
Hah? Kok ada sad moment-ya run? Huhu unfortunately iya. Begini ceritanya, aku membatalkan tiket tersebut di bulan april dan harusnya uang refund diambil bulan mei (sebulan setelah pembatalan tiket) tapi gak tau kenapa waktu itu aku males keluar dan jarak stasiun karena jarak antara kos dan stasiun senen itu jauh banget, mana panas lagi haha. Akhirnya aku ulur waktu..

“ntar deh kalo ada waktu luang”.

Akhirnya aku baru bisa ke stasiun itu bulan agustus ini. Sampe stasiun jam 9 pagi dan aku dapet antrian nomor 200-an dan loket untuk pengambilan refund baru dibuka jam 9 pagi juga. Kebayang kan aku nunggunya lamanya kayak gimana? Mana sendirian lagi, gaada yang mau nemenin, fak banget emang. nobody’s care. Kalo pacar lagi di Jakarta mungkin bisa nemenin, tapi doi lagi pulang kampung akhirnya sendirian deh. Tapi gapapa, udah biasa sendirian sih. Akhirnya jam 1 siang baru dipanggil..

“fyuuhh akhirnyaa”.

Setelah sampe loket dan menyerahkan bukti pengambilan refund, mas penjaga loketnya bilang

“wah udah lama banget ya mbak, harusnya ini diambil bulan mei tapi ini udah bulan agustus, jadi maaf udah expired ini mbak” kata mas penjaga loket.

Aku cuma diem, senyum dan cuma bilang “oh iya ya mas?”. Dalem ati rasanya udah panas dan umup.

“iya mbak, bisa diambil lagi tapi harus diganti dulu tanggalnya dan ganti tanggalnya pas jam kerja ya mbak, mbak bisa ke customer service” kata masnya ramah
“ga bisa waktu weekend ya mas?” tanyaku masih penasaran
“gabisa mbak, harus weekday, maaf ya mba”
“oh gitu ya mas, oke deh” jawabku santai.

Untung yang jaga loket ramah, jadi aku sedikit bisa menerima penolakan tersebut. Tapi rasa kecewa langsung menyeruak, emosi meledak di dalam. Udah dibela-belain dateng awal, ngantri sampe nomer 200an lebih, dipanggil baru jam 1 siang, sendirian pula. Apa gak kampret banget? Kaya orang bego, nunggu sendirian, tingak tinguk koyo wong ilang tapi hasilnya NOTHING. Maka aku putuskan untuk mengikhlaskannya uangnya. Kalo ganti tanggalnya pas weekday ya aku gak bisa, kan aku juga kerja dari senin-jumat. yaudah deh aku ikhlasin aja (awalnya). Aku bergegas ke mushola stasiun senen untuk shalat dzuhur, ambil wudhu, shalat dan menenangkan pikiran. Trus aku update di BBM kalo uangnya gak bisa diambil dan mengungkapkan kekecewaanku. Yg bikin nyesek itu aku udah lama nunggu dan GAK ADA YANG NEMENIN.
Tapi untungnya, tuhan berkehendak lain…

TEMAN YANG BAIK
Setelah update di BBM, hapeku aku matikan dan pulang. Di dalem busway aku hidupkan lagi hapeku dan ada BBM masuk ternyata salah satu temanku yang bekerja di stasiun senen sebagai customer service itu BBM aku

“kenapa kamu run?” Tanya temenku
“itu, uang refund-nya ga bisa diambil katanya harus ganti tanggal dulu soalnya uda expired huhu”
“loh kenapa ga bilang aku, aku dinas hari ini, kamu dimana? Masi di stasiun?” Tanya dia
“udah pulang, aku udah ikhlasin kok huhu”
“aduhh, gini aja kamu foto-in form pink itu, liat kode bookingnya, ntar aku gantiin tanggalnya biar bisa kamu ambil”

Akhirnya aku kirim foto form itu ke temenku dan di gantiin tanggalnya biar bisa diambil uangnya, Alhamdulillah banget punya teman baik kaya dia, padahal aku udah mencoba mengikhlaskan uang tsb tapi temenku itu bener-bener semangat ngebantuin aku, aku kan jadi gak enak kalo ga nerima bantuan dia.

Akhirnya aku minta ke dia untuk ganti tanggal dan 2 minggu kemudian aku ke stasiun lagi dan seperti biasa.. SENDIRIAN LAGI! HAHAHA BIARIN LAH YA UDAH BIASA SENDIRI KOK HAHAHA kzl gw. Malemnya aku BBM-an sama dia untuk memastikan apakah tanggalnya udah diganti apa belom dan di BBM aku juga dikasih tau kalo ngambil uangnya di bawah jam 9 pagi bisa ngambil langsung di loket tertentu. Langsung deh tanggal itu aku pergi ke stasiun, dari kos jam 6 pagi biar sampe stasiun ga terlalu siang dan dapet antrian awal-awal, akhirnya dapet antrian ke 58, yah lumayanlah.. padahal masih jam 7.15 loh. Namanya juga stasiun besar, pasti banyak banget yang dateng dan ngurus sesuatu disini. Aku pun langsung ke loket 12, kata temenku walaupun uda ngambil antrian langsung aja ke loket 12/13 karena sebelum jam 9 pagi, bisa dilayani disana.

Finally, uang refund berhasil aku peroleh, rekor banget itu jam 8 pagi udah kelar urusan di stasiun, biasanya abis dzuhur baru selesai. Semua ini berkat temenku itu, dia ngasih info biar aku gak terlalu lama nunggu di stasiun tapi tetep di layani di loket. Beruntung banget punya temen baik kaya dia, alhamdulilah ya Allah.



TIPS-TIPS PEMBATALAN TIKET/ PENGAMBILAN REFUND

  1. Yaps, buat yang mau ngebatalin tiket BIAR KAMU GAK TERLALU LAMA NUNGGU DI STASIUN, APALAGI SENDIRIAN KAYA ORANG ILANG, usahakan dateng ke stasiunnya jangan kesiangan, apalagi di stasiun besar. Dapet info dari temen, pengambilan nomor antrian mulai dari jam 7 pagi. Jadi, kalo ga pengen lama-lama di stasiun atau mati garing disana usahakan jam 7 an atau jam setengah 8 udah sampe stasiun untuk mengambil nomor antrian.
  2. Jangan lupa bawa kartu identitas dan jangan lupa di fotocopy. Karena itu penting banget guys
  3. Waktu di proses di loket, kalian akan diberi tanggal untuk mengambil refund, pokoknya nurut aja sama tanggal yang tertera yaa jangan sampe kelamaan ngambilnya karena nanti bakal EXPIRED.
  4. Kalo misalnya kalian gak sempet ngambil uang refund dan tanggal pengambilan sudah EXPIRED, langsung ke customer service untuk meminta penggantian tanggal agar uang kamu bisa di ambil, tapi inget.. harus tanggal itu ya ngambilnya.
  5. Untuk mengambil uang refund, bisa dilayani sebelum jam 9 pagi (normalnya jam 9 pagi loket baru buka) namun hanya di loket tertentu, jadi kalian ambil nomor antrian dulu terus langsung masuk ke bagian loket-loket, cari loket yang ada antriannya, liat orang-orangnya apakah ada yg bawa form pink atau tidak, jika iya maka loket tersebut melayani pengambilan uang refund. Haha kemarin aku juga kepo-kepo dulu sebelum ngantri, ini bapaknya mau ngambil uang refund gak yaa, terus beberapa menit kemudian bapak tersebut keluar loket dan membawa sejumlah uang, wah bapaknya kayaknya abis ambil duit, akhirnya aku pun ngantri. Di loket ini juga melayani pembelian tiket kok. Tapi setelah jam 9 pagi, antrian pun dinyalakan dan petugas loket akan melayani sesuai nomor antrian.

Oke jadi itu tadi adalah pengalamanku membatalkan tiket dan mengambil uang refund. Intinya, kita benar-benar harus banyak informasi dan sering-seringlah bertanya. Untung aku punya temen yang juga kerja di PT.KAI jadi bisa nanya-nanya deh kalo ada yg belom jelas. Makasih guys udah baca postinganku kali ini, semoga bermanfaat buat kalian yaa dan maaf jika ada kesalahan informasi itu tadi sesuai yang aku alamin dan beberapa aku dapet info dari temen hehe. Semoga bermanfaat!

Mohon isi kolom komentar yaah hehe jangan cuma jadi silent reader  ^_^v

4 Comments
Komentar

4 comments:

ripai mengatakan...

Simplest way: ke loket bawa fotokopi KTP sama tiket, antri di loket yg ada tulisannya pembatalan. Isi form pink/merah, pilih transfer bank. Pulang duduk manis tunggu ditransfer stlh 45 hari or so.

Fahrunnisa Laila mengatakan...

katanya kalo transfer dibawah 100rb kadang ada gangguan dan lebih disarankan ambil langsung (kalo dibawah 100rb). temen gw sih nyaranin ambil langsung. pernah juga pake metode transfer 3 bulan baru dapet. jadi emang lama bgt klo transfer

Pengobatan Alami mengatakan...

wah boleh juga nih ditiru, klo sewaktu-waktu kejadian pengen batalin tiket...

sherlina halim mengatakan...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : melasian77cs@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini

Posting Komentar

Haloo pembaca setia Cerita Runa, terimakasih atas waktunya telah membaca blog Runa. Buat yang pengen kasih masukan atau komentar, silahkan tulis di kolom komentar ini, dimohon memakai bahasa yang sopan yaa hehe.

Salam Cerita Runa :)

Fanpage Cerita Runa
×