Jumat, 10 Juli 2015

Tips Berbelanja Online di Tokopedia.com Ala Runa (bonus caranya!)

Haloo guys, jumpa lagi di cerita runa yang semakin bertambah tua pemiliknya, tapi kan yang penting gak jomblo (lah hubungannya apaan). Oke kali ini aku bakal share tips tentang berbelanja online di tokopedia. Kenapa tokopedia? Karena selama ini aku sering berbelanja online lewat situs tersebut dan menurutku tokopedia.com memiliki sistem jual beli online yang mudah dan oke. Btw, aku nulis tentang tokopedia bukan karena aku pegawai tokopedia.com loh, aku kan pegawai hatimu, iya kamu yang disana yang lagi cari nafkah buat keluarga kita *halah.

Mungkin kapan-kapan deh aku review pengalaman berbelanja di situs jual beli online lainnya, kali ini tokopedia dulu ya hehe. Maaf ini tipsnya bakal lumayan panjang, karena aku jelaskan secara detail dan insyaallah bakal memudahkan kalian dalam berbelanja di tokped. kalo capek bacanya ya istirahat dulu, minum dulu, tapi berhubung lagi puasa, airnya cukup dileletin di pori kulit saja (saran dari mas go haha, koplak emang)

Mari kita simak tips-tips kece berikut ini :

1.       Buatlah akun tokopedia
Belanja di tokopedia akan lebih mudah kalo kita udah daftar.  Yaps, aku sarankan sih kalian kudu punya akun tokopedia dulu yaa biar nanti pas melakukan transaksi jual beli bisa memantau juga hehe. Gampang kok bikinnya. Isi data yang lengkap yah karena itu juga akan digunakan dalam pengiriman barangnya. Semakin lengkap data, semakin mudah abang-abang JNE dalam mengantarkan barang kalian, bukan cuma JNE sih, apa aja boyeh.

2.       Tentukan barang yang ingin kalian beli
Yaiyalah, dimana-mana kalo mau belanja mikir dulu mau beli apa.

”Ah aku pengen beli tas deh, tas-ku udah rusak, pengen ganti model, dll.”

Nah setelah itu, tanamkan kata “tas” pada pikiran anda, jangan sampai ketika masuk tokopedia malah beli barang lainnya. Misalnya,

“ih BH-nya lucu” kan nganu.

3.       Carilah harga dan toko terbaik
Misalkan kalian pengen beli tas katakanlah mereknya A, kita searching dulu di kolom pencarian tokopedia “TAS A” maka akan muncul banyak model tas dari merek A dari toko yang berbeda-beda, setelah itu kalian pilih salah satu barang tersebut dan mulai kepoin barang dagangan toko itu.

Tiap toko memiliki etalase jadi kita bisa melihat-lihat barang apa saja yang dia jual, setelah nemu yang cocok misalkan kalian nemu “TAS merek A dengan type xyz warna merah” jangan langsung membelinya, tapi lakukan pencarian ulang dengan keyword yang lebih spesifik. Pada pencarian sebelumnya kita melakukan pencarian dengan keyword “TAS A”, nah langkah selanjutnya lakukan pencarian dengan keyword yang lebih spesifik, misalnya “TAS A type xyz merah” eh tapi kok gak muncul apa-apa yah? Orang belum gue enter haha (krik krik, oke ini garing). Setelah menekan tombol enter maka akan muncul barang yang kamu cari dari beberapa toko yang berbeda, carilah yang harganya murah dan masuk akal. Kalian bisa mengurutkan barang berdasarkan harga kok ada fasilitasnya disana.

Setelah menemukan barang yang kamu pengen dengan harga murah, jangan langsung tergiur begitu saja, kepoin dulu tokonya bener gak sih harganya segini? Ah masa’ iya? Iya masa’? tenang saja, di tokopedia disediakan fasilitas “diskusi”, kalian bisa menanyakan ketersediaan stok dan kepo apa saja sama penjualnya. Oh iya, toko yang baik adalah yang memiliki rating review yang baik, kalian bisa cek dari jumlah bintang yang berada di profil toko tersebut, kalian juga bisa kepoin review-review dari para pembelinya juga loh, jadi kita bisa mikir-mikir ini aman gak ya beli di toko ini, trusted gak yah?

Tapi ada beberapa yang belum ada bintang dan review sama sekali, mungkin toko dia emang masih baru atau mungkin sepi pembeli, jadi kita tidak boleh ber-suudzon dulu sih, yang penting komunikasi dulu sama penjualnya yah, kan udah disediakan forum diskusi di setiap lapak hehe.

4.       Carilah toko yang lokasinya dekat dengan lokasimu
Oke yang ini juga penting, karena berbelanja online tidak lepas dari yang namanya ONGKIR (ongkos kirim). Misalnya kamu berdomisili di JABODETABEK, carilah toko yang satu kota maupun yang dekat dengan kota kamu. Tiap toko ada keterangan domisili juga kok dan kita tidak perlu nanya ke penjual seperti ini :

“mbak ongkir ke medan berapa ya? Mbak ongkir ke semarang berapa ya? Mbak ongkir ke hatimu berapa ya?”

Itu gak perlu, karena kita bisa ngecek sendiri dengan klik “beli”, pilih ekspedisi yang kamu mau, misalkan JNE dan pilih reg/yes/oke. Maka akan muncul biaya ongkir sekaligus jumlah harga yg harus kamu bayarkan jadi bisa menimang-nimang harga dulu deh. Enak kan?

Ongkir satu kota biasanya murah, kalo sesama jabodetabek sih Rp. 9000 Pake JNE sama Si Cepat (biasanya pake itu kalo aku). Misalkan kalian nemu toko yang uda cocok barang dan harganya tapi kok lokasinya di bandung misalnya, ya gapapa lah bandung-jabodetabek juga selisih 1000 kok, atau nemu yang lebih jauh lagi? Itu kembali ke kalian masing-masing, asalkan uangnya udah ada dan sudah berpikir matang-matang ya silahkan :)

5.       Pastikan kembali bahwa barang yang kamu mau itu ada stoknya
Yang ini juga penting ya guys, kita harus memastikan kembali bahwa barang yang kita mau itu tersedia, gapapa lah bawel dikit yang penting kan jelas dan enggak PHP. Setelah kepoin penjualnya dan barang yang kita mau itu available, baru deh kita lakukan transaksi.

6.       Lakukan transaksi dengan teliti
Yaps, setelah mantap membeli langsung aja klik “beli” pada pojok kanan atas, setelah itu akan diarahkan ke halaman untuk melengkapi pesanan kalian, seperti jumlah barang, keterangan, kelengkapan data diri dan jenis ekspedisi yang akan digunakan. Setelah itu klik “beli produk ini” maka akan diarahkan ke halaman daftar pembelian, pilih metode pembayaran yang umum dipakai sih “transfer bank”, setelah itu teliti dulu pesanan kita, apakah sudah benar? Datanya sudah lengkap? Dll. Setelah semua dipastikan, klik tombol checkout dan kalian akan diberikan jumlah total harga + kode unik serta rekening bank tokopedia yang menjadi tujuan pembayaran kalian.

pengisian form beli

checkout barang

Konfirmasi pembayaran
Setelah kalian melakukan transfer, kalian harus melakukan konfirmasi pembayaran yah. Nanti akan ada notifikasi kok untuk konfirmasi, isi data yang sesuai seperti jumlah yang dibayarkan, asal rekening, tujuan rekening, dan keterangan. Setelah melakukan konfirmasi pembayaran kita akan mendapatkan invoice yang akan diteruskan ke penjual setelah pembayaran kita diverifikasi oleh tokopedia.

keterangan detail transaksi
Menunggu verifikasi pembayaran dari tokopedia
Nah, setelah melakukan konfirmasi, kalian harus nunggu verifikasi pembayaran dari tokopedia, saran aja sih kalo pas transfer, transferlah dengan jumlah yang sudah ditentukan oleh tokopedia, sertakan kode uniknya juga karena kalo gak disertakan bakal memakan waktu yg lebih lama. Biasanya diverifikasi maksimal 1 atau 2 x24 jam. Tapi kalo pake rekening yg sama kaya tokopedia biasanya maksimal 1x24 jam.

Barang kalian diproses penjual
Yaps, setelah pembayaran kalian di verifikasi sama tokopedia, pihak tokopedia akan meneruskan invoice pembelian kalian ke penjual, jadi penjual bisa segera memproses barang yang kalian beli.

Pengiriman barang
Si penjual akan menginput nomer resi pengiriman, biasanya h+1 baru di input, nah di tokopedia udah dikasi fasilitas tracker, jadi kita ga perlu buka web ekspedisi hehe. Tinggal klik “lacak” maka kita akan tau udah sampe mana yah barang kita.


Barang telah sampai, lakukan konfirmasi ke penjual. PENTING
Nah, setelah barangnya udah sampe kita harus melakukan konfirmasi ke penjualnya, karena kalo barang kita uda sampai tapi kita gak melakukan konfirmasi, si penjual tidak akan menerima uang transferan kita, kan kasian mbaknya huhu. FYI, uang akan di salurkan ke penjual kalo transaksi kita benar-benar sudah selesai. Klik aja “sudah terima” dan setelah itu kita akan disuruh memberikan review pembelian dari segi kecepatan, kualitas, akurasi dan pelayanan. Diisi yah, Karena penilaian kita juga berarti buat mereka yang sedang menjalankan bisnisnya :)

Okay! Dan transaksi-pun selesai sudah, huft panjang yah? Hehe emang sih agak sedikit rempong tapi kalo dijalani sih gak rempong-rempong amat kok. Hampir sama kaya online shop biasa, pesen-transfer-kirim-terima, tapi kalo pake system kayak gini kan lebih terorganisir dan lebih gampang memantaunya.

Sekedar tambahan, mungkin banyak online shop yang hanya mengandalkan sosmed untuk jual beli dan mungkin caranya lebih mudah ya? Tinggal BBM mbaknya, pesen, bayar, anter. Tapi apa salahnya sih belanja di online shop yang tersedia sistem khusus? Hehe, tapi itu semua kembali ke diri masing-masing, kalo pengen gampang ya belanja di olshop biasa, kalo mau rempng dikit tapi bisa dapet harga yg lebih oke? Bisa tuh dicoba pake online shop yang terorganisir seperti tokopedia, lazada, berrybenka, zalora, dan masih banyak lagi.

Oke, mungkin itu tips berbelanja online di tokopedia ala runa. Semoga membantu kalian yang pengen berbelanja online di tokopedia. Buat kalian yang pengen nanya-nanya lebih lanjut, silahkan tinggalkan komen di kolom komentar, insyaallah akan aku bantu sebisaku hehe. Makasih ya udah baca, semoga bermanfat buat kalian  :)

2 Comments
Komentar

2 comments:

sherlina halim mengatakan...

Pengen yang lebih seru ...
Ayo kunjungi www.asianbet77.com
Buktikan sendiri ..

Real Play = Real Money

- Bonus Promo Red Card pertandingan manapun .
- Bonus Mixparlay .
- Bonus Tangkasnet setiap hari .
- New Produk Sabung Ayam ( minimal bet sangat ringan ) .
- Referal 5 + 1 % ( seumur hidup ) .
- Cash Back up to 10 % .
- Bonus Royalty Rewards setiap bulan .

Untuk Informasi lebih jelasnya silahkan hubungi CS kami :
- YM : op1_asianbet77@yahoo.com
- EMAIL : melasian77cs@gmail.com
- WHATSAPP : +63 905 213 7234
- WECHAT : asianbet_77
- SMS CENTER : +63 905 209 8162
- PIN BB : 2B4BB06A / 28339A41

Salam Admin ,
asianbet77.com

Download Disini

fahrunnisa laila mengatakan...

halo, untuk fanpage cerita runa 87% pengunjungnya berumur kisaran 13-24 tahun. Dan artikel di blog ini kebanyakan ditujukan untuk umur kisaran segitu. Beda lagi jika artikelnya tentang berita dan ditunjukan untuk orang yang lebih dewasa pasti akan mengunakan kata ganti "anda" dan sebagainya. Saya menulis sesuai dengan demografi pengunjung.

maaf jika hal tersebut di anggap tidak sopan.

Posting Komentar

Haloo pembaca setia Cerita Runa, terimakasih atas waktunya telah membaca blog Runa. Buat yang pengen kasih masukan atau komentar, silahkan tulis di kolom komentar ini, dimohon memakai bahasa yang sopan yaa hehe.

Salam Cerita Runa :)

Fanpage Cerita Runa
×