Jumat, 19 Desember 2014

Perjuangan Demi Selembar Ijazah #Part1


Haloo guys, ketemu lagi di cerita runa. Akhir-akhir ini lagi pengen nulis aja, sebenernya nulis soal ini udah lama sih tapi entah kenapa kemarin-kemarin itu gak sempet aja buka blog yang udah sawangen (banyak sarang laba-laba). Sejak aku lulus kuliah, aku udah jarang banget nulis di blog, biasanya aja selalu update walaupun gak tiap hari sih, tapi karena beberapa teman berkomentar kalo tulisan aku ngangenin (kaya orangnya) maka dari itu aku mencoba untuk kembali aktif nulis di blog walaupun gak tiap hari.

Kali ini aku sengaja meluangkan waktuku buat nulis, aku pengen share pengalaman aku untuk mendapatkan selembar ijazah D3. Teryata buat ngedapetin SATU LEMBAR kertas aja susahnya bukan main, butuh waktu, tenaga, duit, dll. Buat adek-adek kelas yang mungkin butuh wejangan atau butuh cerita soal TA, mungkin tulisan ini bisa membantu. kali aja sih. kalo enggak ya maapin gue yah.

Kuliahku itu selama 3 tahun, aku kuliah di jurusan teknik elektro program studi teknik informatika. Aku masuk kuliah tahun 2011. Kuliah selama tiga tahun ini bener-bener banyak kenangannya. Saking banyaknya sampe gatau mau nulis apaan haha. Kuliah selama 6 semester, semester awal awal terasa menyenangkan, mungkin salah satu yg menyenangkan adalah semester 2, soalnya waktu itu punya pacar. Gak penting emang. karena aku udah move on. haha

Semester 3 menyenangkan juga, soalnya ada acara KKL (Kuliah kerja lapangan) ke Jakarta dan bandung. Anggep aja itu piknik. Semester 4 lumayan ngebosenin tapi semester 4 itu IP ku tertinggi di kelas walaupun ada 2 orang yang IP nya sama kaya aku haha. Tapi setidaknya selama kuliah aku pernah meraih IP tertinggi di kelas (pembelaan diri). Semester 5 udah mulai kalang kabut, sering stress mikirin “Tugas akhir mau bikin aplikasi apa?”. Sebenernya ide ada banyak banget tapi aku bingung cara mengimplementasikannya itu gimana soalnya aku gak ahli sama dunia programming. Tapi tiba-tiba aku dapet wangsit, aku harus bikin aplikasi pake ADOBE FLASH. Waktu semester 4 ada mata kuliah animasi dan desain grafis, tapi Cuma diajarin sampe sintax dasar aja.

Tapi aku bener-bener udah mantep dan berani mengambil resiko. Aku mulai browsing tentang ACTION SCRIPT (bahasa pemrograman yang dgunakan pada flash). Kalo soal desain sih aku insyaallah bisa soalnya aku emang suka desain dari dulu. Tapi kalo soal ngoding, aku emang gak jago sih. Sebelum pengumpulan proposal tugas akhir, aku diskusiin ideku ke bapak ibuku, mereka setuju sama ideku dan ngasih beberapa saran. Aku masih inget banget, aku ngumpulin proposalnya sehari sebelum tahun baru 2014. Aku berharap ide TA ku diterima dan aku bisa mengerjakan TA dengan suka cita. Aku milih dosbing yang aku anggap paling enak diajak ngobrol, aku milih bu ida sama pak Ari. Bu ida orangnya keibuan, siapa tau bisa membimbing aku dengan lembut. Terus aku juga milih pak Ari, pak ari itu dosen TERKEREN, TERBAIK, TERFAVORIT (versi aku) selama aku kuliah selama 3 tahun disini haha. Pak ari itu orangnya ramah, baik, enak buangeettt diajak ngobrol, suka bercanda dan pokoknya asyiikk banget deh.

Aku sama temen-temen deg-degan nunggu pengumuman proposal, kami berharap semua proposal kami diterima. Tapi ternyata ada proposal yang ditolak dan diterima dengan catatan, dan Alhamdulillah banget proposalku diterima tanpa catatan apapun. Abis itu aku langsung ngumpulin data-data yang bakal aku masukin ke aplikasiku. Aplikasi yang aku buat adalah “GAME PEMBELAJARAN BUDAYA JAWA INTERAKTIF UNTUK ANAK BERBASIS FLASH”. Deskripsi soal hasil tugas akhirku ada disini 
Mau tau lanjutannya? tunggu di part 2 yaah :)

see you guys! 

5 Comments
Komentar

5 comments:

azizi rubangi mengatakan...

Ide tugas akhirnya edukatip mb.keren. !
Enak ya udh kelae kuliah.hee

Keriting mengatakan...

Skripsi jangan teralu dipikirin, cukup dijalani aja sesuai jadwal.
:)

RUNA 'Fahrunnisa' mengatakan...

@azizi : iyaa alhamdulillah :)
@bang umar : bener banget, nanti juga selesai sendirii hihih

Arif Rudiantoro mengatakan...

Selamat Ye dah Bisa lulus =D
Gue juga dulu Pinginnya masuk di Informatika,, Tapi Berhubung di daerah gue Ngada,,,

Terus cemunggut =D

ahmad fauzi mengatakan...

yah, semuanya emang serba ada prosesnya sih.
dan emang yg paling enak yg semester 2 ya? DITEMENIN SAMA PACAR. *sorrykecapslock
trus smesterbrikutnya ga d temenin lg? duh kacian *eeh

tapi mnrut gue keren sih, bisa bkin hal kyak gtu. terlebih lo cewe. tambah kecee.
perdana maen ke blognya. trnyata udah sepuh nih dlam ngeblog. mnta bimbingannya, suhu...
salam kenal, suhu

Posting Komentar

Haloo pembaca setia Cerita Runa, terimakasih atas waktunya telah membaca blog Runa. Buat yang pengen kasih masukan atau komentar, silahkan tulis di kolom komentar ini, dimohon memakai bahasa yang sopan yaa hehe.

Salam Cerita Runa :)

Fanpage Cerita Runa
×