Minggu, 13 Juli 2014

Game Pintar Jawa: Game Pembelajaran Budaya Jawa Untuk Anak

Assalamualaikum sobat, pada postingan kali ini saya akan mengenalkan aplikasi buatan saya yang digunakan untuk memenuhi tugas akhir kuliah. Saya mengambil judul "Game Pembelajaran Budaya Jawa Interaktif Untuk Anak Berbasis Flash" . Game ini ditujukan kepada siswa kelas 1 hingga kelas 3 SD namun bisa juga untuk pembelajaran siswa tingkat lainnya.

Game ini terdiri dari 4 kategori yaitu :
  • Aksara Jawa
  • Gamelan
  • Wayang
  • Tata Bahasa Jawa
Pada tampilan menu utama, terdapat 6 menu yaitu menu aksara Jawa, menu gamelan, menu wayang, menu tata bahasa Jawa, menu profil dan menu bantuan. Pengguna dapat mengakses halaman dengan cara menekan tombol yang tersedia maka pengguna akan langsung diarahkan pada halaman yang dituju.

Aplikasi yang dibangun ini adalah sebuah aplikasi game pembelajaran budaya Jawa berbasis flash “Game Pintar Jawa” yang hanya dapat dimainkan di komputer desktop dan secara offline. Aplikasi ini ditujukan oleh siswa kelas satu hingga kelas tiga sekolah dasar untuk meningkatkan minat siswa untuk mengenal budaya Jawa dengan cara yang lebih menarik dan mudah digunakan. Aplikasi ini disajikan dengan desain yang sangat menarik siswa dengan berbagai kombinasi warna ceria dan suara latar yang mengangkat kebudayaan Jawa.


Dalam aplikasi ini, tersedia 4 materi tentang kebudayaan Jawa, yaitu aksara Jawa, gamelan, wayang dan tata bahasa Jawa. Pada awal aplikasi ini dijalankan maka akan muncul tampilan animasi pembuka dan loading bar, setelah itu akan muncul tombol “ayo mulai” yang ketika di klik akan menuju menu utama aplikasi. Pada menu utama aplikasi terdapat 4 menu pembelajaran dimana masing – masing menu memiliki dua sub menu yaitu “belajar” dan “main”. Sub menu “belajar” berisi tentang materi pembelajaran dari menu yang dipilih, sedangkan submenu “main” berisi tentang permainan mengenai materi yang dipilih. Masing-masing menu memiliki jenis permainan yang berbeda-beda sehingga siswa tidak akan mudah bosan untuk belajar dan bermain dengan aplikasi ini. Selain itu pada menu utama juga terdapat menu profil untuk melihat profil pembuat aplikasi dan menu bantuan untuk melihat informasi bantuan yang berhubungan dengan aplikasi, seperti kegunaan tombol tertentu dan keterangan lain.

berikut ini adalah contoh tampilan aplikasi game pintar Jawa ini :



menu utama

main aksara jawa

main gamelan

main wayang


main tata bahasa jawa

Game Pintar Jawa ini telah diujikan pada sebuah sekolah dasar.  Sesuai dengan hasil uji coba yang dilakukan terhadap siswa kelas I hingga kelas III SD, diketahui bahwa jumlah kepuasan siswa adalah 92,9 %, yang berarti bahwa pengguna sangat puas dalam menggunakan aplikasi “Game Pintar Jawa” ini

Fitur aplikasi yang lebih lengkapnya akan saya posting setelah sidang. doakan lancar ya guys :D


11 Comments
Komentar

11 comments:

Ahmad Firdaus mengatakan...

Sepertinya menarik. Kirain ada link download nya gitu. hehehehe. Sukses ru buat skripsinya. Daku aja belum

RUNA 'Fahrunnisa' mengatakan...

besok kalo udah siap saya upload kakak :)
makasih :) semangat !

Roel Vens mengatakan...

Cocok buat anak kuliahan yang mau belajar bahasa jawa juga nih kayak saya haha

RUNA 'Fahrunnisa' mengatakan...

waah sip sip ini juga bisa untuk pembelajaran awal bagi yg belum kenal budaya jawa :D

Abdul Rokim mengatakan...

Aku tak ingin berkomentar masalah desain. Coba perbaiki teks-teks penjelas aplikasi agar sesuai dengan kaidah EYD Bahasa Indonesia yang tepat. Kata "score" sebaiknya diganti dengan "nilai" atau "skor". Selain itu, buat semenarik, serapi, dan sesederhana mungkin agar mudah dimengerti pengguna yang notabene anak-anak.

RUNA 'Fahrunnisa' mengatakan...

makasih buat sarannya mas. akan saya revisi nanti soal itu :D

eriska fitriana sari mengatakan...

backsoundnya lagu2 daerah (jawa) makin mantep kayaknya. Hehe

RUNA 'Fahrunnisa' mengatakan...

iya emang backsoundnya lagu dolanan jawa sama gending :)

Muhammad Mahfudh mengatakan...

Menarik kayaknya gamex...
Bagi link downloadx donk...
http://firefudh.blogspot.com/

Arie Je mengatakan...

Kembangin lagi mbak yu, jangan cuman brenti di tugas akhir.. tujuan bikin gamenya buat sarana belajar kan? bukan buat lulu ujian.. *thumbs up

Arif Rudiantoro mengatakan...

Keren Ueee mau Dong link nya :)

Posting Komentar

Haloo pembaca setia Cerita Runa, terimakasih atas waktunya telah membaca blog Runa. Buat yang pengen kasih masukan atau komentar, silahkan tulis di kolom komentar ini, dimohon memakai bahasa yang sopan yaa hehe.

Salam Cerita Runa :)

Fanpage Cerita Runa
×