Senin, 26 Mei 2014

[Review Film] : No Mercy (2009) - Memaafkan itu menyakitkan

Judul : No Mercy
Tahun rilis : 2009
Genre : crime, thriller

Peringatan : SPOILER ALERT !
*udah di ingetin loh ya

Film bertemakan balas dendam dan kasus kriminal emang selalu bikin penasaran buat ditonton. Film ini ceritanya tentang seorang pecinta lingkungan yang telah membunuh dan memutilasi wanita, wanita itu namanya Eun-oh kalo gak salah. Tubuhnya dipotong menjadi 6 bagian tapi salah satu lengannya hilang dan akhirnya ditemukan di pabrik semen. Para detektif mengumpulkan bukti-bukti untuk menangkap pelakunya hingga akhirnya mereka menemukan pelakunya yaitu bernama Lee sung-ho. Professor Kang, adalah seorang ahli forensik yang menangani kasus seperti ini tugasnya mengotopsi korban untuk mengetahui penyebab kematian dan dia pun membedah badan korban untuk diotopsi.

Professor kang punya anak yang sekolah di Amerika dan hendak pulang ke korea. Saat ayahnya menjemputnya di bandara, tiba-tiba ada seorang pria yang memberikan amplop berisi foto-foto anaknya Prof. kang yang sedang disekap oleh seseorang, dan yang menyekap putrinya itu adalah LEE sung-ho, pelaku pembunuhan mutilasi tadi. wah kok sama yaaa???
Kemudian Prof. Kang dateng ke kantor polisi dan menanyakan kepada Lee tentang keberadaan putrinya, Lee ingin membuat kesepakatan dengan Prof. Kang, ia menyuruh Prof. Kang agar membantu membebaskan dirinya dari tuduhan pembunuhan jika Prof.Kang ingin putrinya selamat. Prof. Kang bagaikan memakan buah simalakama, antara menyelamatkan putrinya atau membebaskan orang yang bersalah? huft stress banget dia.

Prof. Kang mencari cara agar Lee terbebas dari tuduhan pembunuhan itu, dia memanipulasi barang bukti, dan menyuruh Lee untuk bersandiwara. Akhirnya Prof. Kang mencari sasaran untuk dijadikan pelaku "bohongan", dia mengintai pacarnya korban mutilasi tadi, Prof Kang menyuruh seorang PSK untuk mengambil sperma dari pacar korban tadi, dan sperma itu digunakan untuk memanipulasi tubuh korban agar tuduhan di alihkan pada pacar korban tadi dan Lee bisa bebas.




Dengan semua usaha Prof. kang, Lee pun bisa terbebas dari tuduhan, horeee.. eitss tapi tunggu dulu, PERMAINAN BARU SAJA DIMULAI! Prof. Kang pun menagih janji kepada Lee yang akan membebaskan anaknya jika dia sudah berhasil membebaskan Lee dari tuduhan. Tapi ternyata Anaknya Prof. Kang ini udah mati! yang bunuh siapa? ya jelas itu si Lee tadi. Kagetnya lagi, tubuh yang sudah dibedah-bedah oleh Prof. Kang tadi adalah tubuhnya anaknya sendiri! ternyata anaknya udah dimutilasi sama Lee dan temennya, dan tubuhnya ditukar sama Eun Oh (korban mutilasi pertama). Ngeri kan? ayahnya yang membedah-bedah badan anaknya sendiri. Prof. Kang akhirnya frustasi berat
Ternyata, Lee adalah kakak seorang murid SMU yang diperkosa beramai-ramai beberapa tahun yang lalu, namun pelaku pemerkosaan itu terbukti tidak bersalah karena menurut hasil otopsi yang dilakukan Prof. Kang, murid SMU itu memang berhubungan sexual atas dasar suka sama suka, bukan "pemerkosaan". Eun oh (korban mutilasi) juga dulunya pernah bersaksi di pengadilan bahwa dia melihat adik Lee melakukan hubungan Sex dengan sengaja (bukan pemerkosaan). Padahal sebenarnya, Adik Lee tadi benar-benar diperkosa, ternyata salah satu terdakwa kasus pemerkosaan iu adalah anak pejabat, dan pejabat itu menyuap Prof. Kang untuk memanipulasi hasil otopsi agar anak pejabat itu dibebaskan. Dan kebetulan, Prof Kang sedang butuh uang untuk biaya pengobatan anaknya yang terkena penyakit tulang. Keluarga siswi SMU tadi tidak terima, karena mereka percaya bahwa dia bukan orang yang seperti itu. dan akhirnya Lee (kakak si korban) ini MEMBALAS DENDAM kepada Prof. Kang.



Oleh karena itulah kakak sang korban menghabiskan waktu bertahun tahun. Dirinya sudah diliputi rasa benci 
Ia membunuh semua pelaku pemerkosaan adiknya. Dan spesial untuk yang telah memporak-porandakan kehidupan adiknya, Prof. Kang. Karena kalau saja data yang diberikannya di pengadilan itu tidak dimanipulasi, tentu adiknya akan dapat sebuah keadilan. Maka khusus untuk Prof. Kang, ia ingin merencanakan sebuah luka yang tak akan mungkin terlupakan dan terobati.

Di akhir cerita, Lee bilang ke Prof. Kang :

“Sangat menyakitkan kan ? Apa kau sudah mengetahui apa yang kau lakukan terhadap tubuh putrimu ? rasa sakit dalam ingatan lebih menyiksa daripada sakit dalam hati. Kau akan selalu mengingat rasa sakit itu.”

Setelah dialog itu sang dokter menembak si penculik dan menembak kepalanya sendiri karena dia merasa tak akan pernah bisa memaafkan diri sendiri. Prof. Kang dan Lee sama-sama punya tekanan batin yang tak akan terlupakan oleh ingatannya. IMPAS, begitulah istilahnya, sama-sama merasakan sakit yang teramat dalam karena ketidak-adilan. 

quote yang paling nyesek di ending film :

“Tahukah kau apa yang lebih menyakitkan daripada kematian? ‘Memaafkan’. Karena dengan memaafkan kau akan memendam rasa sakit dalam hatimu.”


Film ini, keren banget kalo menurut aku. Twist cerita yang sangat cerdas, cara pembalasan dendam yang keren dan jalan ceritanya sangat rapi dengan ending yang sangat mengejutkan. Salah satu film bertema "balas dendam" favorit aku. Asli keren banget. 


Aku kasih penilaian 9,5/10 buat film ini, keren !

trailer : 




13 Comments
Komentar

13 comments:

1mmanuel'Z-Note5 mengatakan...

Gue akui, film Korea emang bagus-bagus ketimbang dramanya. Thank rekomendasinya. ^^

RUNA 'Fahrunnisa' mengatakan...

sip sip, selamat nontonn. kalo punya rekomen film kaya gini, share yaa hehe

Renggo Starr mengatakan...

“Tahukah kau apa yang lebih menyakitkan daripada kematian? ‘Memaafkan’. Karena dengan memaafkan kau akan memendam rasa sakit dalam hatimu.”

Mungkin cara memaafkannya salah, belum ikhlas atau terpaksa memaafkan, makanya timbul rasa sakit dalam hati. Mungkin.

RUNA 'Fahrunnisa' mengatakan...

yapss karena ceritanya, kakak di film itu bener2 sakit hati sama profesor yg udah memanipulasi hasil otopsi tersebut

Shakti Nugroho mengatakan...

Ngeri kayaknya. Tagline-nya aja "No Mercy" gitu. Tiada ampun juga pasti isi adegannya... :/

RUNA 'Fahrunnisa' mengatakan...

adegannya sebenernya gak terlalu sadis kayak film thriler lain sih, tapi lebih ditekankan ke "cara" pembalasan dendamnya haha :D ada adegan belah2 badan ya pas otopsi gitu

Buchrss Ëkky mengatakan...

film balas dendam paling nyelekit menurut gue wahahaha keren abis bos!

fahrunnisa laila mengatakan...

benerrr bangeeeet,,, best movie laah kalo urusan balas dendaamm, sama old boy juga balas dendamnya kerennn hahaa

Buchrss Ëkky mengatakan...

i saw a devil bagus juga tuh hahaha udah nonton?

fahrunnisa laila mengatakan...

iya udah nonton itu, kalo ada choi min sik kayaknya seru seru filmnya haha terutama oldboy.

Eky Bachri mengatakan...

choi min sik dan lee byung hun. perpaduan yang pas.
gua rekomendasiin confession a murder yang filmnya tak di duga duga. must watch!

fahrunnisa laila mengatakan...

confession of murder juga udah, udah aku review juga dulu di blog ehehe. itu juga keren banget hahah, memories of murder, no mercy, old boy, terror live, the flue, the client, film korea keren keren kalo bikin film genre beginian.

Andana Rachmad mengatakan...

Apa cuman saya yang pengen endingnya begini, setelah dia menembak mati si pincang trs dia coba bunuh diri kemudian peluru di pistolnya habis, trs dia teriak kesal dan polisi datang menangkapnya. Trs film tiba2 habis, Hehehehe.. Greget sempurna banget dah tu film. Memainkan emosi penontonnya banget.
Pasti bakal jadi perdebatan bagaimana nasib si prof.
Tapi so far perfect good lah keseluruhan filmnya..

Posting Komentar

Haloo pembaca setia Cerita Runa, terimakasih atas waktunya telah membaca blog Runa. Buat yang pengen kasih masukan atau komentar, silahkan tulis di kolom komentar ini, dimohon memakai bahasa yang sopan yaa hehe.

Salam Cerita Runa :)

Fanpage Cerita Runa
×