Senin, 10 Februari 2014

Review Film - ESCAPE PLAN : Ide Cerdik Itu Perlu

Judul Film : ESCAPE PLAN
Tahun rilis : 2013
Genre : action

Peringatan : SPOILER ALERT

Haloo guys, kali ini aku bakal nge-review film lagi nih. Kenapa? Ya Karena di rumah suwung Gag ada kerjaan apalagi jomblo gini kan Yaaa, Hmm. Oke kali ini aku bakal review film yang baru aku tonton jadi, judulnya ESCAPE PLAN. Awalnya aku tertarik sama film ini karena yang main itu sangar – sangar, Sylvester Stallone sama Arnold schwarzennegger (ah susah amat si nama lu, om). 

Gimana? Sangar kan? Mereka itu sama – sama bintang film besar, contohnya om Stallone yang main RAMBO, itu lo yang filmnya bikin ngilu, sadis banget haha. Sama si om Arnold yang pernah main di terminator, udah tua tapi tetep kece Aja nih si om. Basa - basinya udah ya? Oke.

Film ini ceritanya tentang rencana pelarian dari penjara yang sangat GENIUS kalo menurut aku sih. Tapi yang merencanakan pelarian ini bukanlah tersangka, tapi dia ada di dalam penjara. 

Loh kok bisa?

Oke, jadi gini saudara – saudara sebangsa tanah dan sebangsa air ..

Di awal film, ada om Stallone lagi di penjara, di film ini dia berperan sebagai Ray Breslin, awalnya aku ngira kalo  Ray ini  tersangka yang dipenjara, terus makin ke sini kok makin aneh, dia pendiem banget Disana, sambil celingukan, liat sana – sini, ngliat kelakuan penjaga penjara, memperhatikan setiap detail isi penjara, membuat onar secara tiba- tiba, pindah ruang tahanan berulang – ulang, celingukan lagi dan masih banyak hal aneh yang dilakukan Ray Disana, aku pikir dia disana jadi peran yang agak “Weird”.

Gak lama kemudian, di depan penjara ada mobil dateng, dalemnya ada cewek, terus pas ceweknya keluar, mobilnya tiba – tiba meledak. Akhirnya para penjaga mengamankan para tahanan untuk diamankan biar Gag kebakaran (yakali). Naaaah... pas penjaga mau ngamanin si Ray ini, tiba – tiba Ray udah Gag ada di dalam ruang tahanan tadi. Ternyata dia udah kabur, dan udah ada di dalam mobil lain bareng sama cewek yang keluar dari mobil meledak tadi dan ada 1 cowok lagi (Hush namanya). Di tengah perjalanan, si Ray turun dari mobil dan pergi ke telepon umum, aku Mikir, ini orang abis kabur dari penjara, bukannya mumpet malah sliweran di tempat umum, dan akhirnya ada polisi lewat dan yaaah dia ketangkep lagi. Dan pas di tangkap, Ray Gag panik sama sekali, ini bego apa gimana sih? haha.

Tahaaan... It’s just a beginning, baby!

---
Abis ketangkep, Ray sama seorang pria namanya lester Clark dateng ke tempat kepala penjara yang tadi dipake buat menahan si Ray. Akhirnya mereka bertemu dengan kepala penjara, ternyata yang sama Ray tadi adalah kepala perusahaan keamanan independen dan disewa oleh biro penjara federal, untuk menjaga keutuhan fasilitas keamanan penjara maksimum nasional. Nah tugasnya si Ray tadi itu masuk ke semua penjara hanya untuk memastikan bahwa keamanan penjara tersebut tidak bisa ditembus sama sekali, tapi ternyata dia bisa kabur kan? Itu artinya penjara tadi keamanannya KURANG dan punya beberapa kelemahan. Pas dijelasin, kepala sipir tadi Cuma ngowoh, kok bisa gitu si Ray punya ide cemerlang buat keluar dari sana. Tapi asli keren banget deh cara dia keluar dari penjara, tonton sendiri Aja gimana kepintaran Ray menyusun strateginya Hehe. Kata si Ray, dia bisa kabur karena mengamati 3 aspek, yaitu: tata ruang penjara, rutinitas dipenjara, dan bantuan dari dalam dan luar. Jadi dia bisa merencanakan pelarian diri dengan PERFECT! Jadi, udah Tau kan, kenapa tadi Ray bersikap aneh di penjara? yaaaah karena dia itu Disana Cuma pengen membobol dan menguji keamanan penjara. And HE DID IT!

Sebuah awal yang sangat mengesankan, kan? Emang yang bikin film ini keren banget daah haha. Lanjuuutttt~

Setelah menyelesaikan misinya, dia dapet job lagi dari salah satu agen yang katanya sih dari CIA, namanya Jessica. dia nyuruh Ray menguji sistem keamanan satu penjara milik pribadi, kalo yang tadi kan dari lembaga yang jelas, nah kalo yang mau diuji ini kayak Gag resmi gitu deh, bahkan tim –nya Ray Gag boleh Tau Dimana lokasi penjara itu. Terjadi perdebatan di tim-nya Ray, anggota timnya itu kurang setuju, nanti kalo ada apa – apa sama Ray gimana? Tapi setelah dipertimbangkan, akhirnya mereka setuju dan melancarkan aksinya.

Pada misi kali ini, dia akan berperan dengan nama “portos” dia adalah tersangka pembuat bom. Sebelum dia melancarkan aksinya, di lengan Ray di masukkan pelacak biar timnya bisa melacak keberadaannya. Tapi, pas dia keluar dari ruangan tiba – tiba ada mobil yang menyerang Ray dan memasukkan Ray ke dalam mobil. Di dalam mobil, pelacak yang udah dipasang di tubuh Ray di congkel sama orang yang di mobil tadi. Tak lama kemudian, dia udah berada di Suatu tempat dan ITU ADALAH PENJARA YANG HARUS DIA UJI.

penjara dengan keamanan super ketat
Penjara itu WOW banget, penjagaannya ketat, ruangannya bagus sih tapi keamanannya yang asli ketat banget. Ray terbengong – bengong melihat sekeliling penjara yang arsitektur ruangannya Gag biasa. Dia diperiksa sama kepala penjara namanya Hobbes, dia ganteng banget haha tapi di sini dia berperan antagonis, keliatan banget kok dari sorot matanya dan perlakuan kasarnya.

Oh iya, si Ray ini juga nulis buku tentang sistem keamanan penjara gitu, isinya mungkin tentang beberapa kelemahan dari beberapa penjara, dan ternyataaa si Hobbes itu punya bukunya si Ray ini dan dari buku itulah si Hobbes membangun keamanan penjaranya dengan baik, kebetulan banget ya? Namanya juga film haha. Tapi si Hobbes Gag Tau kalo “portos” yang abis masuk penjara tadi adalah RAY.

Suatu hari dia ketemu rottmayer (Arnold schwazennegerr), rottmayer terus mendekati Ray dan berusaha untuk berteman dengannya, tapi Ray bersikap dingin gitu. Rottmayer mulai mencurigai Ray, karena dia sering liat Ray clingukan, udah Tau kan kenapa dia clingukan? Ya mau ngapain lagi kalo Gag mengamati penjaranya, dan mencari ide untuk pelarian. Awalnya dia kesulitan, karena tata ruang penjara kali ini di desain tidak sepeti biasa, dan penjagaannya pun sangat ketat tidak seperti penjara – penjara yang pernah dia masuki.
finally, dua jagoan kita bertemu

Rottmayer terus mendekati Ray, dan selalu memaksa Ray untuk mengaku apa yang sedang dia lakukan, akhirnya Ray pun memberitahu apa maksud dia di sini. Tapi sebelumnya, dia meminta bantuan rottmayer agak dia bisa masuk ke ruang isolasi, ruang isolasi merupakan ruang yang punya tingkatan paling atas kalo di penjara (setau aku). Akhirnya rottmayer punya ide, dia memukul Ray dan mereka pun berkelahi, tonjok – tonjokkan gitu, dan penjaga pun melerai mereka dan memasukkan mereka ke ruang isolasi. Ruang isolasinya ngeri, ada cahaya lampu yang sangat banyak dan panas, sehingga mereka pun mengalami dehidrasi. Tujuan Ray ke sana untuk mengamati tata ruang isolasi tersebut, biar kedepannya dia lancar nyusun rencananya. Abis itu mereka pun dipersilahkan untuk keluar dari sana.

Setelah itu, akhirnya Ray dan rottmayer tadi pun bersekongkol untuk menyusun rencana pelarian bersama. Ray menjanjikan kepadanya kalo mereka bisa bebas dari penjara. Setiap waktu mereka berdiskusi tentang rencana pelarian, dan yang paling penting adalah membuat “pengalihan” agar petugas bisa terkecoh. Aku kagum banget sama mereka deh, ide – ide mereka sangat cerdas untuk mengelabuhi para petugas dan mendapatkan informasi penting.

Suatu hari, Hobbes menerima telepon dari seseorang dan seseorang itu adalah Lester Clark! Dia itu pimpinanannya Ray buat kerja jadi kayak gini, kok dia nelpon Hobbes ya? Dan ternyata.. dia menyuruh Hobbes untuk mempertahankan Ray di penjara tersebut dan jangan sampe lolos, karena lester punya maksud lain. Dia memberitahu Hobbes bahwa dia sedang mencari orang yang bernama “manheim” dan dia juga bilang bahwa rottmayer kerja sama si manheim itu. Manheim sedang mengembangkan program agar membuat sistem perbankan dunia kacau balau. Bebebrapa bank dunia bersedia membayarnya dengan jumlah besar jika lester tadi menemukan manheim.  Kebetulan banget kan, si Ray sama rottmayer sekarang lagi deket banget, si Hobbes disuruh mencari informasi tentang manheim melalui Ray.

Lalu Ray dipanggil ke ruangan Hobbes dan menyuruhnya untuk menggali informasi tentang manheim ke rottmayer tadi dan kalo dia berhasil, Hobbes akan mengeluarkannya dari penjara. Tapi Ray Gag sebodoh itu kalik, dia memanfaatkan kesempatan ini buat mempermainkan Hobbes haha. Dia selalu memberi info palsu tentang manheim ke Hobbes, dan terus mempermainkannya. Ray dan rottmayer tetap menjalankan aksinya untuk mencari jalan keluar.

Suatu hari, Ray dan rottmayer mencari ulah lagi biar bisa masuk ke ruang isolasi, mereka membuat keributan di penjara hingga mereka dan beberapa orang lainnya masuk ke Ruang isolasi, semakin banyak yg masuk, maka petugas pun Gag terlalu fokus sama rottmayer dan Ray, ide bagus. Ray masuk ke ruang bawah Tanah dari ruang isolasi tadi, dia ingin mencari tahu “DIMANA DIA BERADA” karena sampe saat itu dia bahkan belum Tau lokasi penjara itu ada Dimana, kan? Dan pas di pintu keluar, dia kaget karena ternyata dia ada di SEBUAH KAPAL YANG MENGAPUNG DI TENGAH LAUTAN. Haha.

dia kaget pas dia tau dia dimana haha
Setelah mengetahui keberadaannya, dia segera keluar dari ruang isolasi dan menyusun rencana lagi untuk pelarian. Info yang di dapat hanya sekedar “penjara itu ada di tengah lautan” tapi dia gak tau  itu lautan mana dan Dimana. Akhirnya dia bikin alat pengukur derajat atau apa gitu, biar bisa Tau lokasi dia ada Dimana, semacam GPS sederhana gitu deh. Kali ini dia mengajak orang lain untuk bergabung yaitu Javed, dia adalah tersangka yang beragama MUSLIM, iya muslim. Jadi di penjara itu dia dan temen – temen lain yang muslin juga salat Disana.

beberapa tahanan yang beragama muslim

Javed disuruh mengukur derajat/letak kapal tersebut dengan alat yang udah dibuat tadi, tapi alat tersebut hanya bisa dipake di alam terbuka. Karena mereka punya akal cerdik, dia pun menyuruh javed agar salat di luar ruang dan bisa mengukur derajat/letak. Javed ngomong sama si Hobbes kalo dia pengen berdoa di alam terbuka, haha ide yang cemerlang. Akhirnya javed pun ke ruang terbuka dan pura-pura sedang salat, padahal dia lagi ngukur derajat tadi. Tapi sebelumnya dia minta maaf sama Allah dulu “ya Allah ampuni aku” :D

Setelah itu, ia menyerahkan hasil pengukurannya ke Ray dan rottmayer. Dan DAPAT! Ternyata dia ada di blablabla lintang selatan dan blablabla, pake angka dan derajat gitu pokoknya, Gag ngerti aku haha. Kayak baca GPS gitu Lah pokoknya, seketika langsung Inget dosen mikrokontroller yg ngajar GPS haha. Lalu mereka melancarkan aksinya kembali, kali ini dia butuh orang dalam, dan Ray pun mencoba mengajak dokter yang ada Disana untuk bergabung, dan entah pake jurus apaan akhirnya dia berhasil mengajaknya. Dokter itu diperintahkan untuk masuk ke ruang apa gitu buat bikin panggilan ke orang luar atas nama “rottmayer” dan orang luar itu nantinya akan digunakan sebagai Transport pelarian dari kapal ke alam bebas.

Setelah pengamatan mereka dirasa cukup, akhirnya tiba saatnya untuk PELARIAN! Jadi jumlah orang yang akan melarikan diri adalah 3 orang. Ray, rottmayer, dan javed tadi. Sebagai awal, mereka pun membuat keributan terlebih dahulu untuk “pengalihan”. Setelah itu mereka bertiga pun kabur dan menyerang para penjaga dan merusak keamanannya, seperti CCTV, petugas, dll. Ray pun mematikan sistem kapal tersebut agar tidak dapat berfungsi dan melancarkan aksinya, namun sayang sekali javed tertembak oleh petugas dan Hobbes huhu. Rottmayer berhasil menuju pintu keluar dan helikopter yang akan dipakai untuk pelarian pun sudah datang, dia tetep nembakin petugas – petugas yang mengejarnya sambil menunggu Ray keluar dari kapal tadi.

Ray keluar melalui pembuangan tanki air yang akan membawanya ke lautan. Setelah melihat Ray berhasil keluar dari kapal, rottmayer pun menyuruh pilot helikopter tadi untuk membantu Ray naik ke helikopter. Tapi Hobbes dan petugas terus berusaha menumbangkan mereka, terjadi baku tembak Disana dan Hobbes pun akhirnya tebakar karena Ray menembaki drum yang berisi minyak dan menembaki minyak tersebut, dan BOOOOOOOM terjadi ledakan di tempat Hobbes tadi haha.

ini pas om arnold nembak2in penjaga

Finally, mereka bisa keluar dari penjara antah berantah tadi haha. Mereka turun di sebuah pesisir pantai, dan ada mobil datang untuk menjemput rottmayer. Ray kaget, ketika ada seorang perempuan keluar dari mobil tersebut dan ternyata perempuan itu adalah agen yang tadi ngasih dia job untuk masuk ke penjara itu (Jessica), dan dia juga adalah anaknya rottmayer. Dan yang bikin kagetnya lagi adalah, rottmayer itu ternyata MANHEIM, orang yang dicari oleh lester Clark tadi. Jessica juga ngasih Tau kalor lester Clark yang menyusun rencana penangkapannya si Ray ke dalam penjara tadi.

Pas udah Tau itu semua, Ray dan timnya tadi menyusun rencana untuk menangkap Clark untuk diberi pelajaran karena dia telah membohongi Ray dan tim-nya. Akhirnya Clark di bius di dalam mobil dan dimasukkan ke peti kemas dan dikirim ke tempat yang tidak diketahui haha.

Film ini keren banget menurut aku, ide – ide cemerlang yang mereka susun di dalam penjara bikin terkagum – kagum, cerdik banget pokoknya. Dari awal sampe akhir Gag Bosen, karena mengikuti perjalanan mereka untuk melarikan diri dari penjara keamanannya luar biasa ketat itu sangat seru untuk diikuti. Buat kalian yang Seneng sama film Action, coba deh nonton ini. Keren banget ceritanya, AWESOME!

Pelajaran yang bisa diambil? Mungkin ya kita harus hati – hati, jangan mudah percaya sama orang, karena bisa Aja dia mengkhianati kita. Selain itu kita juga harus punya RENCANA, apapun yang akan kita tempuh itu harus ada rencana, karena tanpa rencana, perjalanan kita Gag akan lancar. so, kalo mau nglakuin sesuatu, direncanaain baik – baik Yaa. Satu lagi, kita bikin rencana jangan cuma satu doang, kalo bisa selalu ada rencana lain, kata om stallone di film ini sih "We must have PLAN B" Hehe.


Bonus trailer :



NB : maaf kalo ada kesalahan dalam postingan ini Hehe. Dan jangan lupa tinggalkan komentar Yaa J

5 Comments
Komentar

5 comments:

Toms mengatakan...

kira-kira ada link downloadnya gak ka rura :)

RUNA 'Fahrunnisa' mengatakan...

aku downloadnya di forum idws :)
coba deh join disana, banyak banget film-film keren! hehe

Irfandy Talib mengatakan...

Hai
Good post :)
Saya ngajak kamu buat gabung di Tanyain.com
Disana kamu bisa nulis bebas, apapun hal-hal menarik buat kamu, sharing sekaligus promosi blog.
Selain itu, kamu juga bisa bebas berinteraksi dengan sesama pengguna layaknya di jejaring sosial :)

Iqbal Fauzan mengatakan...

wah, ini juga salah satu film favorit saya ...

RUNA 'Fahrunnisa' mengatakan...

keren yaa! :D

Posting Komentar

Haloo pembaca setia Cerita Runa, terimakasih atas waktunya telah membaca blog Runa. Buat yang pengen kasih masukan atau komentar, silahkan tulis di kolom komentar ini, dimohon memakai bahasa yang sopan yaa hehe.

Salam Cerita Runa :)

Fanpage Cerita Runa
×