Selasa, 02 Juli 2013

Solusi Cerdas Menghijaukan Rumah Sakitku

Hijau,

Setelah membaca kata itu, apa yang ada dipikiran kalian ?
Saat aku menulis kata ‘hijau’, aku langsung membayangkan kesejukan, kesegaran, asri, dan kesehatan. Yap, warna hijau memang identik dengan kata – kata tersebut. Misalkan saja pepohonan, dedaunan yang berwarna hijau dan bisa menyegarkan pandangan kita.

Pernahkan kalian mendengar istilah green hospital?
Green hospital merupakan suatu konsep yang memadukan antara unsur kesehatan dan lingkungan, pernyataan tersebut aku dapat dari website rsudaya.org. Memang benar sekali, seharusnya tempat pengobatan seperti rumah sakit ini harus mengkolaborasikan antara kesehatan dan lingkungan. Di bayangan kita, rumah sakit identik dengan tembok warna putih, bau obat – obatan, lorong – lorong gelap dan terkadang agak seram jika aku mengunjungi rumah sakit.

Konsep green hospital yang direncanakan oleh RSU DAYA ini sangatlah CERDAS, karena mereka berencana untuk merenovasi rumah sakit mereka agar ramah lingkungan dan bisa mengkolaborasikan antara kesehatan dan lingkungan. Jika green hospital ini terwujud, mungkin pengunjung rumah sakit akan merasa lebih nyaman baik pengunjung yang rawat inap maupun pengunjung untuk besuk saja.

Green hospital yang aku impikan adalah sebagai berikut :


  • Terdapat taman luas yang serba hijau
Yap, aku mengingkan setiap rumah sakit memiliki taman yang serba hijau. Hijau itu segar, sehat dan bugar, warna yang dominan hijau bisa membuat pikiran kita kembali segar. Waktu itu aku sedang pusing memikirkan beberapa masalah yang aku alami, kemudian aku pergi ke suatu taman yang terdapat banyak pepohonan rindang, dedaunan yang subur dan serba warna hijau. Beberapa lama kemudian, pikiranku kembali segar mungkin karena unsur warna hijau itu sendiri yang menjernihkan pikiran kita. Nah, dari pengalamanku itu mungkin taman luas yang serba hijau dapat diwujudkan di rumah sakit yang ingin memakai konsep green hospital. Siapa tahu rasa sakit yang diderita pasien bisa sedkit demi sedikit berkurang setelah mengunjungi taman luas serba hijau di rumah sakit tersebut. Bukan hanya pasien, pengunjung lain pun bisa menikmati kesegarannya dan pikiran – pikiran mereka bisa jernih kembali.

  •  Pencahayaan setiap ruang di tingkatkan
Pencahayaan memang penting, dengan pencahayaan ruang yang bagus maka penghuni ruang tersebut akan merasa lebih nyaman. Apalagi jika kita bisa melihat pemandangan hijaunya pepohonan dari jendela ruangan, maka akan terasa lebih segar. Pencahayaan yang aku maksud disini bukanlah cahaya dari lampu yang banyak, namun cahaya alami yaitu dari matahari. Sinar matahari itu bisa menyehatkan, apalagi pada pagi hari. Jadi, aku mengingkan setiap rumah sakit yang ingin memakai konsep green hospital dapat memakai sistem pencahayaan yang lebih baik lagi dan alami.

  • Ventilasi udara di setiap ruangan lebih dimaksimalkan
Pertukaran udara, hal tersebut merupakan salah satu aspek yang harus diperhatikan. Semua rumah sakit pasti memiliki sistem ventilasi udara. Namun apakah sudah memenuhi kriteria kesehatan? Udara yang bersih merupakan dambaan setiap orang, apalagi untuk pasien yang sedang menjalani rawat inap di rumah sakit. Aku mengingkan semua rumah sakit bisa lebih memaksimalkan fungsi ventilasi udara. Jangan sekedar untuk pertukaran udara saja, namun dilihat juga apakah udara tersebut baik atau tidak jika dihirup. Udara / oksigen yang baik untuk dihirup adalah oksigen murni yang berasal dari pepohonan atau tumbuhan hijau. Mungkin di luar jendea ruangan bisa ditambah beberapa pot bunga, dedaunan, atau lebih baik lagi jika ditanami pepohonan yang rindang. Pasti kesehatan pasien akan pulih perlahan – lahan karena setiap hari ia menghirup udara yang segar selama menjalani rawat inap pada rumah sakit tersebut.

  •   Pembuangan limbah secara teratur
Semua rumah sakit harus memiliki sistem pembuangan limbah / sampah secara teratur. Terkadang kita melihat sampah dan air dibuang dalam satu tempat, pembuangan yang tidak terpisah sepeti ini menyebabkan bau tak sedap. Seharusnya disediakan dua tempat sampah, yaitu kering dan basah agar tidak tercampur dan menimbulkan bau yang menyengat. Jika ada seseorang yang hendak membuang minuman atau cairan lainnya, coba sediakan tempat pembuangan khusus cairan dan dialirkan secara langsung ke tempat pembuangan khusus limbah basah. Untuk mengurangi bau yang tidak sedap, mungkin bisa ditambahkan beberapa tanaman yang memiliki bau khas untuk menyegarkannya. Tidak perlu menggunakan pengharum ruangan kimia, kita hanya perlu memanfaatkan tanaman – tanaman alami. Itu lebih menyehatkan bukan?
Selain itu kita juga dapat mengolah limbahnya dengan sistem 3R yaitu recovery, reuse dan recycle. Dengan konsep tersebut maka bisa mengurangi menimbunnya sampah. Intinya, pembuangan limbah secara teratur bisa meningkatkan aspek kesehatan.

  •  Perbanyak tumbuhan hijau
Tumbuhan hijau memiliki klorofil yaitu zat hijau, setiap tumbuhan hijau memiliki kandungan oksigen yang sangat baik untuk kita hirup. Maka dari itu, rumah sakit yang ingin ber-go green sebaiknya memperbanyak tumbuhan hijau. Misalnya saja pepohonan hijau yang rimbun di setiap sudut rumah sakit, dengan banyaknya pepohonan seperti ini, maka udara yang dihirup oleh penghuni rumah sakit tersebut lebih berkualitas dan lebih menyehatkan. Selain itu setiap jendela di setiap ruangan diberi pot - pot bunga atau tanaman yang menyegarkan pandangan maupun pikiran kita.

Poin – poin diatas merupakan impianku untuk rumah sakit yang ingin menerapkan konsep green hospital. Kesehatan itu selalu berelasi dengan lingkungan, karena lingkungan yang bersih itu menyehatkan. Rumah sakit yang menerapkan konsep ini sangat menguntungkan baik untuk masa kini dan masa mendatang. Jika pada masa kini saja sudah tercipta rumah sakit yang ramah lingkungan seperti ini, pasti dimasa mendatang lingkungan kita akan semakin bersih, jauh dari global warming dan anak cucu kita bisa menikmatinya dengan baik.

Aku berharap, semua rumah sakit di Indonesia dapat menerapkan konsep ini, Terutama RSU DAYA yang merupakan pelopor penggerak green hospital pertama di Indonesia. Semoga konsep ini bisa terlaksana dan dapat dicontoh oleh rumah sakit lainnya, sehingga semua rumah sakit di Indonesia menjadi GREEN HOSPITAL.


Sukses terus untuk RSU DAYA Makassar ! 

contoh gambaran green hospital


3 Comments
Komentar

3 comments:

Arif Abdurahman mengatakan...

Yup, selain eco-friendly, patient-friendly juga. Bikin pasien betah berlama-lama di rs. Eh!

RUNA 'Fahrunnisa' mengatakan...

hihi dukung yaa biar RSU daya bisa go green! sama RS seluruh indonesia lain

obat herbal penyakit mengatakan...

hijaukan alam kita

Posting Komentar

Haloo pembaca setia Cerita Runa, terimakasih atas waktunya telah membaca blog Runa. Buat yang pengen kasih masukan atau komentar, silahkan tulis di kolom komentar ini, dimohon memakai bahasa yang sopan yaa hehe.

Salam Cerita Runa :)

Fanpage Cerita Runa
×