Jumat, 05 April 2013

Curhatanku Di Redaksi 2012/2013 (part 1)


Haloo guysss! ketemu lagi sama cerita runa yang kece badai , tsunami , banjir bandang , pohon tumbang :*

kali ini aku bakal cerita soal apa aja pengalamanku selama menjabat sebagai kepala divisi redaksi 2012 / 2013 . banyak banget cerita selama aku disana , seneng , sedih , capek, semangat , banyak deh pokoknya, pengen tauu ? yuuk simak yuuk *sambil siapin popcorn

Tujuan utama aku masuk redaksi adalah :
memperkenalkan UKM PCC ke masyarakat luas , bukan hanya warga polines aja , tapi juga mahasiswa universitas lain. jadi aku berusaha semaksimal mungkin jika ada event di PCC aku posting terus entah itu di fanpage UKM PCC , twitter PCC dan web PCC . aku tu pengennya mereka tau “oh ternyata ada klub computer keren yaa di POLINES” haha .

aku juga pengen membangkitkan kembali sosial media PCC , aku lihat sih dulu belum banyak yang tau fanpage PCC dan akun twitter PCC , pengennya sih fanpage PCC  banyak yang ngelike dan mereka bisa tau aktifitas kita . dan twitter PCC dulu juga jarang ada yang update , berhubung aku suka online nih yaa , aku manfaatin aja gelarku sebagai “miss online” untuk mengelola beberapa akun PCC biar rameee , banyak dikenal masyarakat luas , ya intinya sama kaya pertama tadi sih “MASYARAKAT LUAS BISA KENAL SAMA PCC” .

Contohnya nih, kebetulan aku langganan jadi penanggung jawab sie. Publikasi di event – event PCC .Jadi nih yee tiap event mukaku berubah jadi pamflet hidup gicuuuu wahahahah . Kali ini aku focus sama publikasi SEMNAS 4G.  aku sengaja nge-tag pamflet ke temen – temen facebookku yang ada di Jakarta , bandung , dan surabaya haha . dan apa yang terjadi ? ternyata ada orang jakarta yang MINAT ikutan seminar nasional , kalo gak salah dari akademi Telkom Jakarta , dan kemaren juga ada anak BINUS JAKARTA yang  katanya minat sama seminar kami huehehhe . semoga PCC bisa GO nasional atau bahkan INTERNASIONAL DEH !

hidup publikasi ! hidup koar  - koar ! hidup muka pamflet !

Emmm , balik lagi ke divisi redaksi yuuuk…
aku masih inget banget pengumuman STO PCC 2012/2013 itu adalah tanggal 10 mei 2012 , dan aku dikasih kepercayaan sama mas mimin berponi (mas ardey) untuk menjadi KADIV REDAKSI . dan waktu itu aku seneng banget ya , soalnya anggotaku ada pacarku sendiri (sekarang mantan)  trus ada temen yang sesama prodi, trus juga ada mbak imana. Emm oke , setelah dikasih jabatan sebagai kadiv , langsung deh aku sama anggota – anggotaku kumpul bareng mbahas proker (program kerja) . Sebelumnya aku udah diskusi sih sama mantan divisi redaksi taun sebelumnya , dari situ aku udah ada pandangan mau bikin apa aja . dan akhirnya kita sepakat merancang 6 proker yaitu bulletin bulanan , PCC on tips and trick bulanan , publikasi social media dan website , selebaran si CAKRA dan PPM ,  film documenter , dan album kenangan . Dari awal aku udah semangat banget mau nyelesain proker itu bareng anggota – anggotaku , semoga semuanya terlaksana gak ada yang ketinggalan  entah karena males atau hal gak penting apapun .

prinsipku :
“walaupun suasana hati berantakan , semua proker  harus tetep jalan “


mari kita sambuuutt , anggota divisi redaksi 2012/2013 ! 
jeeeng jeeng jeeng ..... *nada horor* 
gak tau kenapa yaa itu fotonya kok sebelahan gicuu , yang desain siapa sih huh wkkwk



Mulai bulan Juni , setelah serah terima jabatan aku dan anggotaku melancarkan proker awal yaitu publikasi social media , yang pertama aku pegang sih twitter , twitter PCC udah banyak sarang laba – labanya haha soalnya jarang di operasikan . ternyata banyak anak PCC yang belum tau twitternya PCC , akhirnya aku koar koar ke anggota PCC suruh follow twitternya hahaha Alhamdulillah dapet lumayan , sampe sekarang juga masih nambah terus , soalnya tiap event entah itu workshop / seminar bakal di tweet di akun PCC , maka dari itu banyak yang follow , Alhamdulillah tugas awal lancar sampe sekarang  , selain twitter , kami juga nge post di fanpage FB dan website .
intinya *menghidupkan kembali sosmed yang telah lama tertidur* (proker ini terlaksana)

trus lanjut ke proker selanjutnya PCC on tips and trick bulanan , ehmm PCC on tips and trick edisi pertama yang desain adalah ahung . ternyata lumayan juga desainnya . pas awal – awal masuk redaksi , aku sama sekali gak ngeh sama yang namanya “corel draw” yah walaupun dulu pas SMA udah pernah pegang tapi lupa semua haha . dan sejak masuk redaksi , aku mulai belajar corel draw lagi dan ahung yang ngajarin aku waktu itu . desain awal pcc on tips and trick yang bikin dia, trus aku disuruh ngedit misalnya ada yang gak pas . nahh dari situlah aku mulai lagi untuk menjamah corel draw. Dan dari situ juga aku baru nyadar kalo ternyata selain bisa fotografi , ahung juga bisa desain ! horeee , malahan dia yang awalnya bisa desain . Akhirnya aku menekuni desain deh sampe sekarang (jadi, intinya hobi desainku itu muncul kembali saat diajarin ahung corel draw , lalalalalla). Makasih deh buat ahung yang udah ngajarin aku corel draw dan Alhamdulillah sampe sekarang aku suka desain - desain haha.
divisi redaksi berhasil menerbitkan 8 edisi tips (proker ini terlaksana)  

lanjut lagi , pembuatan selebaran si cakra dan PPM , ide tulisannya dari mbak imana dan raras sama aku juga nambahin dikit . trus yang desain aku sama ahung , jadi selebaran itu ada dua desain . konsep selebarannya itu ada hubungannya sama IT/ komputernya pokoknya , akhirnya kita desain dengan gaya kita masing – masing . Abis itu kita saling tuker – tukeran desain, saling ngomentarin desainnya kurang apa (nyenengin deh pokoknya) *kapan bisa gitu lagi . dan setelah desainnya jadi , mbak imana dan raras yang bertugas untuk print selebaran dan memperbanyaknya , dan Alhamdulillah proker kami yang ini berhasil diselesaikan , tepatnya pada saat WARNA hari terakhir , kami nyebar selebaran pas flasmob dan PPM .
Alhamdulillah selebaran si cakra dan PPM bisa dilaksanakan (proker ini terlaksana)

Lanjut lagi ke proker BULETIN BULANAN PCC , dan kami sepakat bulletin PCC ini dikasih nama “PCC ZONE”. untuk pembagian tugas di bulletin ini adalah :

-          Desain layout : Runa dan ahung
-          Artikel : Runa
-          Reporter : raras
-          Dokumentasi : ahung
-          Penyebaran : Runa dan mbak imana

Buletin edisi pertama itu diterbitkan di bulan September , waktu itu yang desain pertama ahung , terus waktu itu kami mbahas desain layout bareng di posko , ngedit ini itu . jadi bulletin edisi pertama itu kolaborasi antara aku dan dia haha *ceritanya kita duet desain . dan untuk edisi selanjutnya hampir sama kaya yang sebelumnya, tapi diskusi desainnya Cuma lewat chatting doang sih jadi kurang greget , tapi hasilnya Alhamdulillah gak mengecewakan . untuk pembuatan bulletin ini , hmmm bulletin ini kan terbit tiap bulan ya, jadi tiap bulan itu kudu ada konsep baru buat ngisi bulletin . 

selain itu kami juga nentuin DEADLINE , akhir bulan harus udah terbit . dari redaksi juga , aku dan anggota lain bisa belajar tentang MANAJEMEN WAKTU . untungnya PCC itu banyak event , jadi aku banyak bahan buat nulis deh hahaa . Trus dibantu sama divisi workshop untuk mengisi bagian “tips and trick “ di buletinnya . ada juga rubrik “ngobrol bareng” , nah yang bagian wawancarain itu adalah raras . dan saat itulah aku tau ternyata raras berbakat juga sama yang namanya wawancara , waktu itu aku gak sengaja liat dia mewawancarai Aan , dan boleh juga sih gayanya . udah kaya reporter aja , bangga sama raras , makasih ya ras :D

Tapi gak tau kenapa buletin edisi februari dan maret , gak ada komunikasi antara aku sama partner desainku yang satu itu tuhhh. gak tau kenapa yaa :” tapi Alhamdulillah aku bisa desain sendiri waktu itu , dan edisi bulan maret ( EDISI TERAKHIR) lagi – lagi gak ada komunikasi gitu , akhirnya edisi februari dan edisi terakhir itu full desainku , bukan kolaborasi desain antara aku sama dia huhu sempet kecewa tapi gak papa deh yang penting terlaksana hehe.
Divisi redaksi telah menerbitkan 7 Edisi bulletin ( proker ini terlaksana ) 


pengen tau kelanjutan kisahnyaa ? tunggu part 2 yaa :))

2 Comments
Komentar

2 comments:

Angga Zulika Ramadhani mengatakan...

wuih.... makin kece aja nih

RUNA 'Fahrunnisa' mengatakan...

hehe makasih ya :)) tetep ikutin cerita runa ..

Posting Komentar

Haloo pembaca setia Cerita Runa, terimakasih atas waktunya telah membaca blog Runa. Buat yang pengen kasih masukan atau komentar, silahkan tulis di kolom komentar ini, dimohon memakai bahasa yang sopan yaa hehe.

Salam Cerita Runa :)

Fanpage Cerita Runa
×