Senin, 07 Januari 2013

Sepenggal Kisah di PCC (part 1)

Haloo ketemu lagi di cerita runaaaa yang paling unyu gak penting ini tapi masih tetep dibaca hahaa :3 

Emm kali ini aku bakal posting tentang perjalananku di PCC , sebuah unit kegiatan mahasiswa dibidang IT / computer yang paling aku cintai , sayangi , kagumi . Tak terasa udah setaun lebih aku gabung di PCC , udah Banyak cerita , entah itu suka maupun duka, kejadian lucu, kejadian terkampret juga ada , nyampur jadi satu deh pokoknya hahaha . I love you PCC  .

cerita soal PCC itu , gak cukup diceritain cuma 3 lembar microsoft word aja , soalnya ceritanya panjang banget , ciyusaan :3 makanya nih aku bagi menjadi beberapa part , mungkin sampe part 3 kali :) nah untuk part 1 ini , aku ceritain pas bulan september 2011 sampe juni 2012 dulu yaa :)

Cerita ini aku bikin sesuai bulan kejadian , aku lengkapin sama tanggalnya yang pas aku inget aja sih , aku juga inget kejadian – kejadiannya lumayan detail loo ciyuss enelan gak pake boong :3 . maklum yeee AKU KAN PENGINGAT YANG BAIK ! (songong banget lu run) . Entah itu penting apa kagak  pasti aku inget , tapi kadang hal penting yang penting banget pun aku malah lupaaaa . misalnya nih yeee, KHS semester 1 dan 2 punya gue ilang meenn  :( nasib gue gimana , penting gak sih KHS ? hahha . heran guee, apa di otakku ini gak ada filternya yaa ? kenapa ane gak bisa misahin mana yg harus diinget dan mana yang gak boleh diinget-inget ? runa memang makhluk dengan spesies yang aneh ckckkc .

Oh iyeee,  kejadian pas TK aja aku masih inget sampe sekarang , misalnya nih yee pas itu aku lagi diboncengin babe ane naik motor dan ane mboncengnya di depan babe , biasalah anak kecil kan biasanya didepan.  trus pas turun harusnya kan lewat kiri yaa, nah itu aku turunnya dari kanan dan aku gak sengaja pegangan stirnya babeku yang sebelah kanan, padahal stir sebelah kanan kan buat nge-GAS motor ya ? alhasil pas aku  pegangan stirnya  tiba- tiba motornya nge – gas dan mblusuk di semak – semak , akhirnya  babeku nggledak (jatuh) dan aku selamat . kampreet bener kelakuanku pas masih kecil tapi ciyusaaannn aku gak sengaja kok L  . sampe sekarang masih inget banget sama kejadian itu  dan mulai saat itu aku gak bakalan mbonceng babe didepan lagi !
(yaiyalaahh run   badan lu udah segede bagor begonoo mau mbonceng di depan)  

Okee , saatnya cerita soal PCC , dimulai dari bulan September 2011 yeee , pas aku masih unyu - unyu jadi mahasiswa baluu :3




SEPTEMBER 2011
Bulan ini , kalo gak salah tanggal 10 September 2011 adalah acara WARNA terakhir dan hari itu juga ada semacam promosi dari tiap UKM di polines yang disebut SI CAKRA . Pas itu aku baca di buku agenda , ada kegiatan mahasiswa namanya “POLYTECHNIC COMPUTER CLUB” hmm dari namanya aja udah keliatan banget kalo itu adalah sebuah perkumpulan yang bahas tentang siapa yang beruntung dapet pinjeman uang yang nama orangnya di tulis di kertas terus di gulung terus di kocok - kocok itu looh .
 #eh itu ARISAN emak - emak , begoo ! haha

PCC dalah sebuah perkumpulan yang membahas tentang computer , nah kebetulan aku ambil jurusan teknik informatika dan udah niat banget kalo nanti bakalan ikut UKM ituu . soalnya tuh kayaknya udah ada ikatan batin gitu antara aku dan PCC , firasatku mengatakan bakal ada kejadian istimewa kalo aku ikut PCC  dan ternyata beneran ! emang sih , firasatku banyak yang bener loo (medheni) mau tau apa yg istimewa itu ? baca dulu dong cerita ini sampe habis haha .

Pas itu , PCC nampilin drama , aku lupa dramanya apa , yang aku inget tuhh ada kerajaan virus atau apa gitu pokoknya ada virus – virusnya hahaa  dan mas popo jadi raja virus kayaknya . tapi gak terlalu aku perhatiin sih , trus pas PPM aku ke stand PCC dan Tanya – Tanya seputar PCC , kalo gak salah pas itu aku Tanya – Tanya sama mbak alifah hehe . Pas dijelasin , aku tertarik banget sama kegiatan – kegiatan yang dilakukan PCC . Sejak saat itu aku mulai mengikuti info tentang PCC .

OKTOBER 2011
Bulan ini , ada recruitment PCC nih , ada seorang temenku yang mbawa formulir PCC. langsung deh formulir itu aku perbanyak dan aku bagiin sama temen sekelas yang mau ikutan PCC . Alhamdulillah ada beberapa anak yang ikutan PCC . Selain recruitment , aku juga mendaftar PENDAS (pendidikan dasar) kegiatan dasar yang diadaakan PCC untuk memperkenalkan ke maba tentang PCC .

Pendas dilakukan tanggal 2 Oktober 2012 , Aku masih inget banget pas itu aku pake baju merah + kerudung item haha inget banget kaaaan. Di acara itu , kami dibagi menjadi beberapa kelompok dan waktu itu namaku di sebut pertama kali dan anggotaku cowok semuaaa , kebanyakan sih anak mesin huaaa aku paling MACHO sendiri loooo disana haha :P Kami namakan kelompok kami “ASSEMBLER” kenapa assembler ? gatauuu gueee. pengen aja pake nama itu hahha . Kami mengunjungi 4 pos yaitu hardware , software , networking dan internet . Aku paling suka pas di hardware , asik banget mbongkar – mbongkar CPU tapi gak bisa masangnya haha .

Emm, di acara pendas aku juga liat beberapa temen yang aku kenal dari dunia maya , nahh gara – gara pendas itu , aku jadi tau temen – temenku yang belum aku liat secara NYATA , biasanya kan Cuma diliat dari layar LAPTOP aja , nah ini aku bisa liat bentuk aslinya mereka . sebut saja indri , gozali , galih , ahung , dll . aku inget banget pas itu temenku si indri pake baju kuning dan dia duduk sebelahan sama galih hahha  , dan mereka jadi peserta ter-rajin kayaknya.  soalnya mereka dateng di acara itu jam setengah 8  , padahal yg lain jam setengah 9 baru sampe hahaa rajin bener , itu rajin beneran apa emang mau pacaran doloooo hahaha piss in :p

 Pendas hari itu sangat bermanfaat , ilmunya dapet , temen baru juga dapet :p

kalo pengen tau detail cerita tentang pendas  baca ini :

http://runa-runo.blogspot.com/2011/10/pendas-pcc.html

NOVEMBER 2011
Bulan ini , aku mulai ikut pelatihan yang diadakan PCC . emm kebanyakan sih pelatihan networking yaa tapi jujur sampe saat ini aku ikut pelatihan bisa diitung dengan jari loo :p bukannya males, tapi pelatihannya pulangnya sore banget haha . Pelatihan pertama yang aku ikuti tuh pelatihan software , pas itu ada mas RICHO yang jadi tentor , kita diajarin trik di photoshop gitu . Pas itu aku gak bawa laptop , Cuma memperhatikan temen sebelah yang lagi praktek aja .

Selain pelatihan software ,aku juga ikut pelatihan networking . pas itu ada mas Aga sama Mas Ardi , ngajarin setting IP sama ngitungin IP apa gituu aku lupa . Yaaa lumayanlah dapet ilmu setelah pelatihan , emm seharusnya bulan November itu ada kegiatan PAB PCC , tapi karena tabrakan sama jadwal ESQ , akhirnya PAB PCC di mundurkan menjadi bulan desember .

Dan sedikit curcol nih , di PCC aku punya temen yang kenal sejak ospek sih tapi Cuma di dunia maya aja. tiap kali ada pelatihan , kami gak pernah ketemu. Misalnya pas aku ikut , dia gak ikut , pas aku gak ikut , dia ikut haha . Tapi kita menjadi temen deket sejak saat itu , sering ngasih kabar tentang pcc dan lain lain meskipun hanya di facebook atau sms doang . Pas itu dia hampir gak jadi ikut PAB , soalnya matanya lagi sakit , tapi gatau tuhh pas technical meeting aku liat dia , berarti dia ikutan PAB :p

(you know what i mean?)

DESEMBER 2011
Akhirnya bulan desember tibaaaa ! tanggal 9 – 11 Desember 2011 aku ikut kegiatan PAB ( pelantikan anggota baru ) acara itu diikuti oleh 64 peserta . Hmm cukup banyak yaa . Hari jumat , kami kumpul di masjid polines , banyak yang belum aku kenal dan akhirnya kami pun memperkenalkan diri di depan . Abis perkenalan , kami ikut acara JJM ( jalan – jalan malam) , aku sama dita jalan bareng di malam hari menelusuri kampus untuk mengunjungi beberapa pos , Alhamdulillah gak ada pocong , kuntilanak atau spesies lainnya yang nongol dihadapan kami hahaa . soalnya nih aku parno banget liat pocong , di TV aja jerat jerit histeris giimana kalo beneran  jangan sampe.

Sabtu pagi , pagiii bangeeet kita dibangunin kakak senior untuk salat subuh dan segera berangkat ke Kopeng dan kamipun mengikuti acara perkenalan PCC , organisasi, softskill dan masih banyak lagi . Malemnya kami disuruh pensi gitu kemudian tidur . Minggunya , wahh hari terakhir ! hari yang paling menyenangkan bagiku . ada outbound hahaha dan pos yang paling seru adalah di POS LUMPUR , walaupun gatel – gatel geli – geli  gimanaa gitu tapi tetep seru banget hahaa . Ada kejadian lucu , pas itu salah satu anggota kelompokku ada yang celananya mlorot pas mainan lumpur wkkwkwkw . setelah outbound , kami dilantik dan resmi menjadi ANGGOTA PCC J

Beberapa minggu kemudian , anggota baru PCC dikumpulkan di posko PCC untuk rapat kegiatan yang pertama yaitu “ PCC GOES TO SCHOOL” dan aku di percaya oleh ketua unuk menjadi sie .Acara , pas itu ketuanya si aan anak TK 2A .pelaksanaaannya tahun depan ,tapi udah di persiapkan sejak bulan ini .

kalo pengen tau detail cerita tentang PAB PCC , baca ini yaa :

part 1 (http://runa-runo.blogspot.com/2011/12/pab-pcc-in-kopeng-part-1.html)
part 2 (http://runa-runo.blogspot.com/2011/12/pab-pcc-in-kopeng-part-2.html)




JANUARI 2012
Akhirnya tahun 2012 telah datang ! saatnya mikirin PCC GOES TO SCHOOL , aku sebagai sie . acara mengatur jadwal kegiatan , kegiatan itu diadakan di SMA N 1 BERGAS , disana kita mengajarkan beberapa materi IT , dibagi menjadi 4 pelatihan yaitu software , hardware , internet dan networking . Pas itu aku ikut mbantuin internet , kebetulan materinya adalah BLOG , karena aku suka blogging , aku ikutan bagi ilmu sama adek – adeknya disanaa :D
Setelah acara selesai, kami ke jimbaran untuk makan bersamaa , wah acara bulan ini sangat seruu deh . Baru 2 bulan jadi anggota PCC, tapi kekeluargaannya udah erat banget , jadi tambah betah di PCC :’)

kalo mau tau detail cerita soal pcc goes to school , baca ini :

http://runa-runo.blogspot.com/2012/01/pcc-goes-to-school-2012.html

FEBRUARI - MARET 2012
Emm, aku lupa bulan februari sama maret itu ngapain aja haha kayaknya sih rapat – rapat buat acara workshop mendatang .

APRIL 2012
Bulan april ituu ,  ada kegiatan workshop android hmm dan aku menjadi sie. Logistik , workshop tersebut diadakan pada tanggal 7 April 2012. Dan abis acara workshop itu selesai , kami ngerjain syaipul , kebetulan dia ulang tahun di tanggal itu :D

kalo pengen tau lengkap soal workshop android , baca ini :

http://runa-runo.blogspot.com/2012/04/pengalaman-di-workshop-android.html

Setelah acara workshop , ada kegiatan regenerasi PCC , aku di percaya menjadi sie. Acara (lagi) dan dia jadi sie. Dokumentasi abadi (curcol lagi) . Kegiatan itu , aku juga bikin program nih buat pemilihan admin yang baru, tapi programku dipake pas penentuan terakhir , dan akhirnya yang menjadi admin yang baru adalah mas ARDEY , admin PCC yg super alay ( la kok gicuu -_- ) haha . Karena telah mendapatkan admin yang baru , akhirnya PCC membuka pendaftaran untuk menjadi STO PCC 2012 – 2013 .

kalo pengen baca detail cerita tentang regenerasi pcc, baca ini :

http://runa-runo.blogspot.com/2012/04/regenerasi-ukm-pcc-2012-2013.html

MEI 2012
Bulan mei , ahh bulan ini benar – benar bulan yang sangat indah (menurutku) . Tes wawancara pun  dibuka , dan aku dapet jatah wawancara di hari sabtu , kalo gak salah 4 mei hhee . Tadinya sih aku pengen banget masuk divisi Internet karena aku pengen bagi ilmu gitu hehe tapi gak tau kenapa aku malah nulis Divisi Redaksi menjadi pilihan pertamaku , mungkin karena emang aku suka nulis , foto , desain , dll kali yaaa . hmm atau ada hal lain ? gatauu pokoknya nama REDAKSI udah nguing nguing di kepalaku hahaa .
Akhirnya , aku mengikuti tes wawancara langsung sama admin PCC , Mbak Imana , dan mas Bayu . Pas di wawancarai , keringatku bercucuran dengan derasnya (halah) mungkin karena grogi tapi Alhamdulillah aku lancar menjawab pertanyaan mereka . Pas itu aku ditanya :

“ kalau kamu suka blogging dan social media kenapa kamu gak milih divisi internet aja ? “

Aduhh pertanyaan itu lagi , aku jawab aja kalo aku lebih tertarik sama nulis dan desain , dan mungkin jika divisi internet nanti membutuhkanku aku akan membantunya . Lalu mas mimin pun Tanya juga :

“ kamu siap gak misalnya aku jadiin kadiv (kepala divisi) ?

Aku jawab “ insyaaallah siap, 75 %” haha karena aku sadar , aku belum bisa menjadi pemimpin yang baik . sampai sekarang iya .

Sedikit curcol lagi :
Pas itu ‘dia’ daftar jadi DANUS (dana usaha) , RT (rumah tangga) , dan Redaksi . Wah ternyata dia juga daftar redaksi tapi di pilihan terakhir haha . Dan aku masih inget banget bulan april itu aku masa- masa dimana lagi deket banget sama temenku yg ituu, tapi gak tau kenapa sampai bulan ini aku dan dia belum pernah ngobrol secara langsung , maluu – malu gitu pas ketemu haha lucu :p

Hingga pada akhirnya , aku sama temenku itu jadian . Sempet gak percaya juga sih kita bisa jadian ( jadi ceritanya aku sama dia itu cinlok ) haha . Pas temen- temen PCC tau tentang itu , mereka jadi rajin banget deh ledekin aku sama dia kalo pas rapat apa gimana gitu haha maluu sih tapi aku seneng karena mereka juga seneng kalo kita jadian , eaa .

2 Hari setelah jadian , ada pengumuman STO . Aduuuhh aku jadi apa yaa haha , aku inget pengumumannya itu hari kamis , 10 Mei 2012 , inget kan akuuu :p Dan akhirnya namaku disebut dan aku di percaya untuk menjadi KEPALA DIVISI REDAKSI , antara kaget dan seneng ternyata aku beneran dijadiin kadiv sama si mimin haha . Dan yang bikin kaget lagi adalah , abis namaku disebut , mas mimin nyebut namanya dia :o omaigaaadd , entah itu disengaja apa gimana deh aku sama dia dijadiin satu divisi . Tapi pas aku Tanya sama mimin, ternyata mas mimin belum tau kalo aku sama dia udah jadian , pas itu mimin bilang :

 “ yaa aku mikirnya dia kan pinter fotografi, siapa tau bisa bantu kamu di redaksi “

Ohh jadi itu alasannya , dia aja juga kaget kenapa dijadiin satu divisi sama aku , dan temen – temen pun pada nyorakin ciee ciee gituu aww jadi maluu haha :p Tapi aku seneng juga , karena bisa sedivisi sama dia , pasti bisa sering bantu aku.

iya kan ntan ? mantan ..

JUNI 2012
Bulan juni , ada acara makrab selama 3 hari , 2 hari di kampus dan 1 hari di bandungan , aku di percaya lagi untuk menjadi sie . Acara , sumpah yaa aku bosen banget haha sampe dikatain sie. Acara sejati haha . Acara itu sangat menyenangkan , hari pertama kami para STO baru di resmikan oleh Pembina PCC ( pak syahid) dan setelah itu ada kita makrab di kopeng untuk menyampaikan beberapa proker , sharing alumni , dan masih banyak lagi .

Sekilas cerita pas divisi redaksi presentasi :
Belum apa – apa aja udah di cie cie kompak banget sama temen – temen , untung pas itu ada Raras jadi divisi redaksi yang presentasi ada 3 orang , karena mbak imana pas itu gak ikut . Dan pas presentasi dimulai , kebetulan yang bikin presentasinya aku , dan entah itu sadar apa enggak, background Power point nya itu banyak banget gambar LOVE nyaa , tapi beneran aku Cuma iseng pake itu kok huhu . akhirnya dari awal presentasi sampe akhir di sorakin terus gara – gara liat background ku yang unyu – unyu dan banyak LOVE – nya .

kalo pengen tau detail cerita tentang makrab ,, baca ini yeee :

part 1 : klik disini
part 2 : klik disini 

Setelah acara sertijab dan makrab , ada acara MUBES (musyawarah besar) kalo gak salah tanggal 17 Juni mungkin yaaa . pas itu aku gak jadi panitia sih , tumben banget gak dijadiin panitia haha gapapa deh sekalian istirahat . Setelah MUBES ada acara RAKER ( rapat kerja ) tanggal  30 Juni 2012 . Dan tempat RAKERnya itu di rumahnya ‘dia’ . raker itu mbahas rencana kerja STO selama setaun , seru sih rapatnya soalnya bisa sekalian nyantai hehe .

emmm masih banyaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaaak banget cerita seruuu lainnya tentang PCC  nihh , ini masih separuhnya aja kali yaa haha .

mau tau kelanjutannya ???
tunggu di part 2 ya guys !
 see youuuuuu :)

keep following cerita runa 
#titikDuaBintang 

5 Comments
Komentar

5 comments:

sabda awal mengatakan...

kaian banget ayahnya nerobos semak2,, kwkwkw

RUNA mengatakan...

haha iyaa kasian banget , sampe sekarang ga bisa aku lupain , ngrasa salah banget hehe

video borescope mengatakan...

ceritanya bagus banget gan heheh aku suka banget

timbangan digital mengatakan...

kisahnya panjang banget tapi aku suka, berbakat nih bikin buku hihi

RUNA mengatakan...

@video : makasih ;) dateng lagi yaaa :)
@timbangan : hehe alhamdulillah, insyaallah kalo buku :)

Posting Komentar

Haloo pembaca setia Cerita Runa, terimakasih atas waktunya telah membaca blog Runa. Buat yang pengen kasih masukan atau komentar, silahkan tulis di kolom komentar ini, dimohon memakai bahasa yang sopan yaa hehe.

Salam Cerita Runa :)

Fanpage Cerita Runa
×