Jumat, 10 Februari 2012

Merintis Usaha di Dunia Maya

Bisnis online , ya bisnis online memang sedang populer saat ini . Mulai dari  pelajar, mahasiswa bahkan sampai pengusaha yang sudah naik daun sekalipun membicarakan bisnis online ini .  Menurut saya sendiri, Bisnis online merupakan suatu usaha perdagangan barang maupun jasa yang proses transaksinya dilakukan secara online .


 Kelebihan bisnis online adalah kita bisa memesan suatu barang hanya dengan mengunjungi situs – situs dagang tanpa perlu meluangkan waktu untuk datang langsung ke tempat dagang tersebut . kelemahannya, kita tidak bisa melihat secara langsung barang yang di perjual belikan.  karena sistem ini menggunakan media online, kita harus lebih berhati – hati dalam memilih produk, jangan sampai kita tertipu dengan hanya melihat penampilan barang yang dijual didalam situs. Sebaiknya kita mencari asal – usul situs tersebut dahulu .

 Usaha perdagangan  memang tidak harus dilakukan di dunia nyata saja, beberapa pedagang mengaku usahanya kurang laris , mengapa ? mungkin salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengiklanan atau promosi hasil usaha itu sendiri . Umumnya, iklan bisa dalam bentuk pamflet,  poster, baliho dan masih banyak lagi . Namun periklanan jenis ini  tidaklah cukup, karena jika hanya dalam bentuk poster dan pamflet, kemungkinan yang bisa membaca atau mengetahui iklan tersebut hanya orang – orang yang berdomisili di wilayah perdagangan itu.  Maka dari itu , pedagang perlu mencoba mengiklankan lewat internet, karena internet bisa di akses di seluruh dunia dan peluang bisnispun semakin luas .

Sekarang ini , teknologi sudah berkembang dengan sangat pesat . Internet misalnya, kita bisa mengakses apa saja melalui internet mulai dari informasi, hiburan , maupun social media. Beberapa orang menggunakan internet untuk berbisnis , bagi mereka yang memiliki web sendiri, media ini bisa digunakan untuk mempromosikan usahanya . Pengusaha online seperti ini harus pandai dalam menarik hati para calon pembeli , mereka bisa menghias halaman web untuk mempercantik tampilan agar banyak orang tertarik mengunjungi atau bahkan membeli . Karena perdagangannya melalui internet atau online, pengusaha harus bisa meyakinkan calon pembeli / pelanggan dengan cara menawarkan barang daganganya secara jujur agar calon pembeli tidak kecewa saat menerima barang yang sudah dibelinya . Sistem pembayarannya sendiri biasanya dilakukan melalui transfer rekening bank maupun kartu kredit online seperti paypal dan jenis lainnya .

Bagi yang tidak memiliki web sendiri ,kita bisa menggunakan social media untuk mempromosikannya . Pemasaran lewat media inilah yang banyak digunakan saat ini, sebagian besar pengguna jasa ini adalah anak muda . Mereka biasanya menggunakan jejaring social facebook dan twitter karena kedua jejaring social tersebut memang sedang banyak digemari kaum muda, hal itu yang membuat pengusaha muda tertarik berbisnis lewat media ini karena melihat peluang pembeli yang banyak .

Sebagai pengusaha muda yang mungkin belum memiliki modal yang terlalu besar, kita bisa menjual barang – barang yang mudah dibuat dan mudah dipasarkan  namun dengan menggunak modal yang tidak terlalu besar . Misalnya kita bisa menjual sepatu lukis, tas kain flanel, kaos sablon maupun barang kreatif lainnya untuk menarik pembeli . Sistem perdagangan melalui social media ini sangatlah mudah, misalnya kita menggunakan akun facebook, kita bisa meng-upload beberapa gambar barang dagangan mereka lengkap dengan spesifikasi barang dan cara membayar . Setelah mengupload foto / gambar,  pengguna akun akan menandai foto-foto tersebut ke semua teman yang berada dalam facebook kita maupun bisa membagikan iklan ke grup yang kita ikuti dalam facebook .

Untuk melakukan bisnis online, kita harus pintar dalam berkreasi dan mempromosikannya dengan cara yang jujur dan benar . kita juga harus menyesuaikan usaha kita dengan sasaran yang akan kita tuju , misalnya kita akan memasarkan dikalangan pelajar dan mahasiswa, jadi kita harus menjual barang yang bisa dijangkau oleh kantong mereka yang belum memiliki pekerjaan sendiri . Kitapun juga harus berhati-hati untuk memilih pelanggan, jangan sampai kita tertipu dengan orang yang belum kita kenal . Cara mengatasi hal ini adalah kenali dulu pelanggan dan latar belakangnya , jika perlu buat beberapa perjanjian dagang atau kontrak agar ada kepercayaan diantara penjual dan pembeli .

Kesimpulannya, bisnis online tidak memandang usia dan latar belakang pengusaha,   tidak hanya  pengusaha menengah keatas yang bisa melakukannya, kita sebagai anak muda yang belum mahir bisnispun bisa ikut berpatisipasi untuk berbisnis online.  Anggaplah kita sedang belajar untuk menjadi pengusaha besar, ya dimulai dari hal kecil tentunya, tidak harus mendirikan perusahaan atau tempat dagang besar . Yang terpenting adalah  Ciptakan kreasi – kreasi baru dan perdalam ilmu ekonomi dan bisnis agar bisnis kita bisa sukses dan berkembang .

Jadilah pengusaha, dimulai dari sekarang  !
Kalau bukan sekarang ? kapan lagi ?

(Fahrunnisa L)

info lengkap klik --> clickfest2012

4 Comments
Komentar

4 comments:

Farah Hanis mengatakan...

Nice entry :)

shiema sufian mengatakan...

nice nice. cuba cuba dan terus mencubaaa!

Lalan Falatansah mengatakan...

yupz........aku juga sedang merintis bisnis online........semoga sukses.:)
kunjungan perdana nih..:)

fahrunnisa L mengatakan...

@Lalan Falatansah hehe ini buat lomba kok , doain aja ya , makasih kunjungan dan follownya :)

Posting Komentar

Haloo pembaca setia Cerita Runa, terimakasih atas waktunya telah membaca blog Runa. Buat yang pengen kasih masukan atau komentar, silahkan tulis di kolom komentar ini, dimohon memakai bahasa yang sopan yaa hehe.

Salam Cerita Runa :)

Fanpage Cerita Runa
×