Rabu, 31 Desember 2014

Tahun Pertama Jadi Anak Rantau Jakarta #MEmoryeah2014


Karena kenangan di tahun 2014 itu terlalu banyak, maka aku bakal ngikutin 2 artikel tentang memori ini buat ikutan give away-nya mincut yang hadiahnya sih oleh-oleh dari korea, aku berharap hadiahnya itu lee min ho, tapi khayalanku terlalu tinggi, maap kak. 

JAKARTA. Kota besar. Banyak cowok ganteng. Banyak mall. Serba mahal.

Itu adalah pemikiranku saat pertama kali dapet kabar kalo aku keterima kerja di Jakarta, antara takut dan hepi karena bisa keterima kerja di ibukota. Saat ini aku kerja di Jakarta, disebuah perusahaan yang bergerak di bidang telekomunikasi. Aku berangkat ke Jakarta hari sabtu malem tanggal 9 Agustus 2014 naik kereta. Itu pertama kalinya aku naik kereta jug ijag ijug ijag ijug (kebetulan naiknya kereta malam). Aku dianter sama bapakku tersayang dan bareng sama temen kantor sekaligus temen kuliah dulu, galih. Pas ke stasiun, aku dianter sama keluarga besar, ada bapak, ibu, adek2, bulek, bude, pakde, om, nenek, dan sopir mobil carteran. Pokoknya semua nganterin aku, aku yang hendak pergi merantau untuk mencari nafkah sekalian cari jodoh kalo bisa. Kalo bisa lo.

Sederet nasihat dan wejangan dari orang tua dan keluarga masih terpatri didalam benakku ini (bahasanya gaya banget), contohnya :

“Jangan lupa salat 5 waktu”
“Jaga diri baik-baik”
“Makan yang teratur, jangan lupa makan sayur dan buah”
“Jaga kesehatan, kalo sakit jangan minta pulang”
“Kerja yang bener”
“Gak usah mikirin bapak ibu, yang penting kamu baik-baik aja”
Abis itu aku mewek.

Dan mulai hari itu, aku terpisah jarak sekitar 480 Kilometer dari keluargaku.

Tahun Terakhir Jadi Mahasiswi #MEmoryeah2014

Hey guys, apa kabar? Udah jadian sama gebetan belom? #wakwaw

2014 adalah tahun terakhirku jadi anak kuliahan, tahun terakhir aku duduk di bangku kelas sambil mendengarkan sang dosen dan ngupil, dan tahun terakhirku berkumpul bersama teman-teman asyik selama kuliah. Perkenalkan, aku Runa mahasiswi Teknik Informatika angkatan 2011. 

Yang namanya masa kuliah pasti banyak kenangan yang terus membayangi kita bahkan setelah lulus. Mulai dari teman-teman kuliah, suasana kelas, dosen-dosen yang baik hati dan yang ganas sekalipun, ada juga bapak-bapak penjaga kampus yang selalu setia bangun pagi demi bukain pintu-pintu kelas dan laboratorium. Ah pokoknya banyak. Kenangan soal mantan, gebetan, gebetan yang hampir jadian tapi gak jadi-jadi sampe aku keburu lulus juga ada, ada banget! *santai run santai*

ini muka kami sebelum menghadapi stress-nya ngerjain TA

Aku itu orangnya cenderung nyantai banget sama yang namanya kuliah, tapi walaupun nyantai aku tetep serius karena aku selalu inget sama bapak ibu yang udah bayarin uang kuliahku, yah cuma itu motivasi aku kuliah sih, gak pengen ngecewain ortu. Aku juga ga bakal ngecewain pacar kok, soalnya gak punya pacar sih muahaha. Sifat nyantai itu juga terbawa waktu aku ngerjain Tugas akhir (TA), TA itu semacam skripsi, berhubung aku D3 maka namanya adalah tugas akhir. Disaat temen-temen pada sibuk ngerjain TA bahkan di sela-sela pelajaran dosen lain, aku malah asyik main game, Aku emang hebat. Seringnya main game online Facebook sih namanya CRIMINAL CASE, game-nya tu tentang mengungkap siapa pelaku pembunuhan dan kita dikasih petunjuk-petunjuk gitu deh pokoknya asyik banget, aku main itu 3 kali sehari. Gila? Haha entah kenapa waktu itu aku tergolong paling santai disaat semuanya pada serius sama TA. Tapi sebulan sebelum sidang ikutan stress juga sih haha. Temen-temenku sampe pada bilang gini:

“run, TA-mu udah berapa persen? Tiap hari kok mainan criminal case?”

Senin, 22 Desember 2014

Perjuangan Demi Selembar Ijazah #Part2

Ketemu lagi di cerita runa, hehe kali ini aku bakal nglanjutin ceritaku tentang "perjuangan demi selembar ijazah". Buat yang belum baca part 1, bisa dibaca disini.

Lanjut yaak...

Jujur waktu itu aku masih bingung cara mengimplementasi konsep TA ku, padahal konsep benar-benar sudah matang dan fix, mungkin karena aku gak pinter programming, makanya masih bingung. Kalo soal ide, konsep,desain dll sih aku masih bisa ya, tapi kalo udah ketemu coding tu rasanya kayak liat gebetan kita di ambil sama temen sendiri, sakit.

Mungkin aku bisa dibilang agak kurang serius sama TA, temen-temen pada rajin ngoding bahkan di sela-sela pelajaran pun mereka sempetin ngerjain TA. Beda halnya dengan aku, di sela-sela pelajaran aku malah main game online, game online Facebook sih namanya CRIMINAL CASE, game-nya tu tentang mengungkap siapa pelaku pembunuhan dan kita dikasih petunjuk-petunjuk gitu deh pokoknya asyik banget, aku main itu 3 kali sehari. Gila? Haha entah kenapa waktu itu aku tergolong paling santai disaat semuanya pada serius sama TA. Temen-temenku sampe pada bilang gini:

“run, TA-mu udah berapa persen? Tiap hari kok mainan criminal case?”

Hmm, begini temen-temen, walaupun aku main game terus tapi kalo dirumah aku ngerjain TA kok, tapi main game dulu bentar abis itu baru ngerjain TA sih. Game criminal case justru menginspirasi aku bikin TA, kenapa? Karena TA-ku juga bikin game, ada beberapa hal yang ada di criminal case jadi inspirasiku buat game TA-ku loh, pokoknya gak selamanya main game itu merugikan. Asek.

And finally….. aku sidang duluan.

Aku sidang tugas akhir  itu tanggal 16 Juli 2014 (bulan puasa). Hari itu adalah hari pertama sidang di prodi TEKNIK INFORMATIKA. Hari itu yang sidang adalah Adit dan aku. Adit duluan yang sidang, aku urutan nomer dua, jam setengah 11 siang kalo gak salah. Perbedaan yang sangat kontras dan njeglek. Kenapa? Karena TA-nya adit itu luar biasa keren, sedangkan punyaku biasa aja, tapi desain TA ku keren (pembelaan). Entah ada angin apa tiba-tiba aku bisa selesai ngerjain TA lebih cepat, akhirnya aku diajakin sama adit buat sidang duluan, kebetulan pembimbing kita juga sama, yaitu pak ari. Pak ari selalu menyemangati kita untuk cepet-cepet sidang, selalu meyakinkan kita bahwa hasil TA kita itu bagus yang penting bikinan sendiri, selalu memberi masukan, dll. Pokoknya PAK ARI IS THE BEST. Berkat pak ari, aku berani melangkah untuk sidang duluan, walaupun harus prihatin sedikit karena peserta sidang pertama itu adalah adit, sang master programming. Tapii.. aku kudu kuat.

Sabtu, 20 Desember 2014

Review Film : ZODIAC

Judul film : ZODIAC
Tahun rilis : 2007
genre : mistery, crime
rating IMBD : 7,7/10

ini film berat.
ceritanya itu tentang pembunuhan berantai gitu dan si pembunuhnya itu ngaku dengan nama "zodiac" dia juga mengirim beberapa kode ke penerbit dan harus dipublikasikan melalui koran, lewat itulah dia sekaligus meneror warga biar ketakutan mungkin ya. Kepolisian ikut terjun ke kasus ini, mengumpulkan beberapa kode-kode untuk dipecahkan. Di kantor penerbit itu ada seorang kartunis yang sangat tertarik untuk memecahkan kasus ini, tapi di awal-awal dia dianggap remeh. Kode demi kode di kirimkan melalu surat untuk terus dipublikasikan, bahkan si pembunuh berantai pun sempat menelepon kepolisian dan mengaku kalo dia telah membunuh.

Polisi mengusut kasus dan menemukan satu nama, tapi gugatan itu runtuh karena tidak ada bukti yang menguatkan, polisi itu sempet nyerah tapi film tetap berjalan. Si kartunis tadi pun akhirnya mulai serius untuk mengungkap tersangka pembunuhan. Mulai dari menemui polisi, orang-orang yang terlibat, saudara korban pembunuhan, dll. Hingga akhirnya dia mendapatkan 1 nama, Tapi masih ragu. Dan orang itu adalah.. ahh
tapi.. ahhh ini film gantung banget kalo menurut aku, karena di filmnya tidak disebutkan siapa pelaku sesungguhnya, kalo menurutku sih dia pelakunya tapi kok selalu aja ada yg mengganjal dan ada beberapa bukti yang mengatakan bahwa bukan dia.

Jumat, 19 Desember 2014

Perjuangan Demi Selembar Ijazah #Part1


Haloo guys, ketemu lagi di cerita runa. Akhir-akhir ini lagi pengen nulis aja, sebenernya nulis soal ini udah lama sih tapi entah kenapa kemarin-kemarin itu gak sempet aja buka blog yang udah sawangen (banyak sarang laba-laba). Sejak aku lulus kuliah, aku udah jarang banget nulis di blog, biasanya aja selalu update walaupun gak tiap hari sih, tapi karena beberapa teman berkomentar kalo tulisan aku ngangenin (kaya orangnya) maka dari itu aku mencoba untuk kembali aktif nulis di blog walaupun gak tiap hari.

Kali ini aku sengaja meluangkan waktuku buat nulis, aku pengen share pengalaman aku untuk mendapatkan selembar ijazah D3. Teryata buat ngedapetin SATU LEMBAR kertas aja susahnya bukan main, butuh waktu, tenaga, duit, dll. Buat adek-adek kelas yang mungkin butuh wejangan atau butuh cerita soal TA, mungkin tulisan ini bisa membantu. kali aja sih. kalo enggak ya maapin gue yah.

Kuliahku itu selama 3 tahun, aku kuliah di jurusan teknik elektro program studi teknik informatika. Aku masuk kuliah tahun 2011. Kuliah selama tiga tahun ini bener-bener banyak kenangannya. Saking banyaknya sampe gatau mau nulis apaan haha. Kuliah selama 6 semester, semester awal awal terasa menyenangkan, mungkin salah satu yg menyenangkan adalah semester 2, soalnya waktu itu punya pacar. Gak penting emang. karena aku udah move on. haha

Semester 3 menyenangkan juga, soalnya ada acara KKL (Kuliah kerja lapangan) ke Jakarta dan bandung. Anggep aja itu piknik. Semester 4 lumayan ngebosenin tapi semester 4 itu IP ku tertinggi di kelas walaupun ada 2 orang yang IP nya sama kaya aku haha. Tapi setidaknya selama kuliah aku pernah meraih IP tertinggi di kelas (pembelaan diri). Semester 5 udah mulai kalang kabut, sering stress mikirin “Tugas akhir mau bikin aplikasi apa?”. Sebenernya ide ada banyak banget tapi aku bingung cara mengimplementasikannya itu gimana soalnya aku gak ahli sama dunia programming. Tapi tiba-tiba aku dapet wangsit, aku harus bikin aplikasi pake ADOBE FLASH. Waktu semester 4 ada mata kuliah animasi dan desain grafis, tapi Cuma diajarin sampe sintax dasar aja.

Kamis, 18 Desember 2014

Impian Kecil bersama Sahabatku, Osi


Jakarta, 18 desember 2014.
Tanggal tua. Belum gajian. lagi nunggu jodoh.

Haii guys, udah lama ya aku gak nulis hehe. 

Oke kali ini aku bakal nulis tentang impian masa depan yang pengen aku jalani bersama sahabatku, namanya osi. Entahlah kenapa tiba-tiba pengen nulis ini, tiba-tiba pas di kamar mandi tadi aku bayangin banyak hal, emang ya kamar mandi itu tempatnya nemuin inspirasi. Atau mungkin juga karena belum saatnya nulis tentang jodoh, karena jodoh aku masih disimpen sama Allah, masih dibungkus pake kado dan dikasi pita warna merah. *apaan 

Dan inilah impian yang aku maksud itu, disimak ya tapi jangan ketawa dulu, ketawanya nanti kalo sudah saya persilahkan. itu juga kalo ada yang lucu. 

Pengenalan sebentar, aku punya sahabat namanya OSI, kita sudah saling mengenal selama 3 tahun lebih. Pas itu aku masih MABA (Mahasiswa Baru) dan dia juga. Pertemuan kita emang gak disengaja, tapi namanya udah takdir, ketidaksengajaan itu bisa bikin kita bersahabat. 

Oke udah ya? sekarang mari kita simak inti ceritanya :

1. Berwirausaha bareng
Emm, waktu itu aku sama osi iseng ngobrol kalo pengen bikin usaha bareng dan dikelola bareng, usaha apa aja yang penting bisa menghasilkan uang dan mempererat persahabatan *ciah. Tapi karena orang tua pengen aku kerja kantoran, akhirnya aku nyari kerja di jobfair kampus, akhirnya beberapa bulan kemudian aku keterima, 3 bulan sebelum sidang tugas akhir, Alhamdulillah. Aku seneng bisa dapet kerjaan, dan kerjanya di Jakarta. Jadi anak rantauan. Dengan begitu, aku bakal jauh dari orang tua (sedih juga), dan bakal jauh sama sahabatku osi yang udah nemenin aku selama 3 tahun ini. Tapi walaupun terhalang jarak (alah, kayak orang LDR aja ya) kita masih tetep berkomunikasi lewat BBM, whatsapp, dan social media lainnya. Kita itu LDF (Long distance Friendship) oke kan? 

Senin, 15 Desember 2014

Review Film - A Wednesday


Judul Film : A wednesday
tahun rilis : 2008
genre : mistery, crime, drama

Ini film india dan asli keren! ceritanya itu tentang seorang bapak-bapak yang udah tua yang meneror kepolisian, si bapak tadi mengancam akan meledakkan bom ke beberapa tempat kalo keinginannya tidak dituruti. dia pengen 4 teroris yang di penjara dibawa ke dia, dia gak nyebutin tujuannya. segala upaya dilakukan para polisi untuk menangkap bapak tersebut, polisi mengira dia itu TERORIS juga. polisi pun menuruti keinginan bapak itu untuk membawa 4 teroris yang diinginkannya.

Awalnya aku ngira, si bapak ini tu masih ada hubungannya sama 4 teroris ini, aku ngira kalo bapak ini akan menyelamatkan mereka dan membebaskannya.

TAPI TERNYATA ENGGAK! arghh. masih gak percaya sama endingnya kok bisa gitu haha. sekilas kaya film THE TERROR LIVE, dimana ada motif balas dendam yang dilakukan oleh seseorang. pokoknya kalian bakal gak nyangka banget deh sama endingnya.

salah satu kutipan yg menarik : "dia ternyata bukan cuma jempolan, tapi YANG TERBAIK" haha emang the best ini si bapak.

buat yang penasaran, coba nonton deh film ini. TWIST nya keren banget bro, jempolan! haha rating di IMBD aja 8,6/10.

sok atuh di tonton dulu, gak bakal kecewa deh.

Trailer :

Selasa, 11 November 2014

Seandainya aku tak pernah membuka pintu itu

Seandainya pintu itu tak pernah aku buka..

Selama ini aku menjalani kehidupanku dengan membuka satu pintu, satu pintu dimana didalamnya terdapat banyak hal yang membuatku bahagia, sedih, senang, marah, benci dan semua rasa berada didalamnya. Pintu itu selalu terbuka lebar dan sampai sekarang belum aku tutup. Waktu itu sempat aku berniat untuk menutupnya karena terlalu memberatkanku, tapi aku bertahan untuk tetap membiarkannya terbuka. 

Hingga kemudian saat aku berjalan di sebuah lorong aku menemukan pintu baru, tapi setelah aku lihat kembali sepertinya aku sangat mengenalnya. Yah, ternyata benar aku pernah melihat pintu itu beberapa waktu yang lalu, namun saat itu aku hanya melihat saja dan tak pernah aku buka karena aku sudah membuka satu pintu lain. Aturannya adalah aku hanya boleh membuka satu pintu saja.

Namun pintu misterius itu selalu menggodaku untuk membukanya, seolah-olah selalu ada bisikan yang menyuruhku untuk membuka pintu tersebut. Aku mempunya prinsip, aku tidak akan membuka pintu baru selama aku masih membuka pintu yang lain. Tapi namanya juga manusia, keyakinan pun bisa goyah. Dengan langkah kecil aku membuka pintu tersebut dengan agak sedikit paksaan dari bisikan tadi.

Pintu itu aku buka sedikit demi sedikit, aku sangat terkejut, mataku berbinar-binar saat melihat isi pintu tersebut. Mengagumkan! 

“Inilah yang selama ini aku cari! Kenapa baru sekarang aku membuka pintu ini? Harusnya dari dulu aku membukanya!” ungkapku.

Karena semua keinginanku ada di pintu tersebut, aku terlena, aku terbuai dan membuatku dilema. Hingga akhirnya aku mulai berpikir, apakah aku harus menutup pintu lama dan membuka pintu ini saja? Bukankah pintu yang ini lebih menyenangkan daripada pintu yang lama? Akhirnya aku pun menutup sedikit pada pintu lama itu, dan bersenang-senang di dalam pintu baruku. Isi pintu baruku sangat mengagumkan dan aku benar-benar nyaman berada disini, tidak seperti di pintu lamaku yang membosankan. 

Minggu, 13 Juli 2014

Game Pintar Jawa: Game Pembelajaran Budaya Jawa Untuk Anak

Assalamualaikum sobat, pada postingan kali ini saya akan mengenalkan aplikasi buatan saya yang digunakan untuk memenuhi tugas akhir kuliah. Saya mengambil judul "Game Pembelajaran Budaya Jawa Interaktif Untuk Anak Berbasis Flash" . Game ini ditujukan kepada siswa kelas 1 hingga kelas 3 SD namun bisa juga untuk pembelajaran siswa tingkat lainnya.

Game ini terdiri dari 4 kategori yaitu :
  • Aksara Jawa
  • Gamelan
  • Wayang
  • Tata Bahasa Jawa
Pada tampilan menu utama, terdapat 6 menu yaitu menu aksara Jawa, menu gamelan, menu wayang, menu tata bahasa Jawa, menu profil dan menu bantuan. Pengguna dapat mengakses halaman dengan cara menekan tombol yang tersedia maka pengguna akan langsung diarahkan pada halaman yang dituju.

Aplikasi yang dibangun ini adalah sebuah aplikasi game pembelajaran budaya Jawa berbasis flash “Game Pintar Jawa” yang hanya dapat dimainkan di komputer desktop dan secara offline. Aplikasi ini ditujukan oleh siswa kelas satu hingga kelas tiga sekolah dasar untuk meningkatkan minat siswa untuk mengenal budaya Jawa dengan cara yang lebih menarik dan mudah digunakan. Aplikasi ini disajikan dengan desain yang sangat menarik siswa dengan berbagai kombinasi warna ceria dan suara latar yang mengangkat kebudayaan Jawa.


Dalam aplikasi ini, tersedia 4 materi tentang kebudayaan Jawa, yaitu aksara Jawa, gamelan, wayang dan tata bahasa Jawa. Pada awal aplikasi ini dijalankan maka akan muncul tampilan animasi pembuka dan loading bar, setelah itu akan muncul tombol “ayo mulai” yang ketika di klik akan menuju menu utama aplikasi. Pada menu utama aplikasi terdapat 4 menu pembelajaran dimana masing – masing menu memiliki dua sub menu yaitu “belajar” dan “main”. Sub menu “belajar” berisi tentang materi pembelajaran dari menu yang dipilih, sedangkan submenu “main” berisi tentang permainan mengenai materi yang dipilih. Masing-masing menu memiliki jenis permainan yang berbeda-beda sehingga siswa tidak akan mudah bosan untuk belajar dan bermain dengan aplikasi ini. Selain itu pada menu utama juga terdapat menu profil untuk melihat profil pembuat aplikasi dan menu bantuan untuk melihat informasi bantuan yang berhubungan dengan aplikasi, seperti kegunaan tombol tertentu dan keterangan lain.

berikut ini adalah contoh tampilan aplikasi game pintar Jawa ini :

Selasa, 08 Juli 2014

[Review Movie] TRANCENDENCE

Judul Film : Transcendence
Tahun rilis : 2014

Genre : Sci-Fi

Ceritanya itu tentang pasangan suami istri yg sama-sama jadi ilmuwan (will & evelyn). will diperankan oleh johny deep kesukaan akuh :3.

Mereka punya kecerdasan luar biasa dan membangun sebuah AI yang sangat canggih. dan mereka bertujuan agar teknlogi ciptaannya itu bisa menyembuhkan dunia. tapi niat mereka ada yg gak suka, ada kelompok teroris gitu yang nyerang will suatu hari dia di tembak dan pelurunya dikasih racun dan will pun terkena radiasi.

karena istrinya gak mau kehilangan, dia pun mencoba AI ciptaan mereka kepada will. evelyn dan temennya (max) mengunggah otak will ke program ciptaannya itu. tapi will akhirnya meninggal namun otak dia sudah terhubung kedalam program trsebut. karena si will itu udah masuk ke dalam program, akhirnya dia mengubah hal-hal yang rusak di bumi, seperti me-regenerasi tanaman yg layu, menyembuhkan orang sakit, dll. Namun banyak yg mengkhawatirkan teknologi ciptaannya. akhirnya teroris tadi bekerjasama dengan FBI untuk melumpuhkan mereka dengan membuat virus yg akan dimasukkan ke program will tadi.

Kamis, 26 Juni 2014

Happy birthday RUNA !



Happy birthday to youuu.. happy birthday to youuu.. happy birthday happy birthday... happy birthday to youu. Waah gak kerasa tanggal 26 Juni dateng lagi tahun ini dan alhamdulillah sampai saat ini aku masih bisa menghirup udara segar. Thanks to Allah

Umur 21 Tahun, hmm umurku semakin bertambah, tambah tua dan harusnya bisa lebih dewasa amin. Hari ini sangat-sangat aku tunggu, aku paling suka sama moment ulang tahun, aku suka banget kalo temen-temen pada ngucapin aku ultah dan ngasih doa ke aku. Tadi malem aku masih melek sampe jam 1 pagi. entahlah tapi aku sedang menunggu seseorang. Seseorang yang selalu menemaniku setiap malam, tapi malam kemarin.. kamu menghilang. Agak sedih, yang biasanya ngucapin aku ultah pertama kali, sampai saat ini belum ada kabarnya. kamu dimana? ah mungkin dia sedang sibuk. 

Makasih buat bapak, ibu dan teman-teman yang masih ingat dengan ulangtahunku ini, makasih buat yang udah ngucapin met ultah baik langsung maupun tidak langsung. Makasih udah ngucapin yaa aku senang kalian masih mengingatku. Makasih guys.

Di umurku yang ke 21 tahun ini, aku memiliki banyak permintaan dan semoga semuanya tercapai di umurku yang ke- 21 tahun ini. Bulan depan insyaallah aku menjalani SIDANG TUGAS AKHIR. itu adalah pertempuran terakhirku di perkuliahan. Aku harap aku bisa menjalani sidang dengan tenang dan lancar dan bisa lulus tepat waktu dengan nilai yang memuaskan. Amin. doakan aku ya guys semoga sidang TA ku sukses :)

Harapan kedua, aku ingin selalu berada di dalam lindungan Allah. SWT. bukan cuma aku, tapi aku ingin semua orang yang menyayangiku juga diberi perlindungan oleh Allah. amin amin. Harapan ketiga, tahun ini aku udah mulai kerja dan aku harus merantau ke jakarta, sungguh berat untuk membayangkan saja. Membayangkan bagaimana aku hidup disana, jauh dari orang tua dan jauh dari kamu. Semoga aku disana bisa survive yaa, doain ya guys.

Harapan keempat, aku pengen agar hubunganku dengan orang-orang yang aku sayang semakin dekat dan tidak akan pernah ada yang saling meninggalkan. siapa? yaa semua orang yang aku sayang :) emm dan semoga aku selalu bisa berkomunikasi dengan mereka sampai kapanpun walaupun harus terpisah jarak.

Masih banyak lagi harapan-harapan lain mungkin akan aku simpan saja di dalam hati. Guys, doakan aku yaa semoga aku bisa sukses duni akhirat. Makasih udah sempetin baca postinganku ini :)

HAPPY BIRTHDAY RUNA. Wish you All the best.
by : Runa. Selasa, 26 Juni 2014, 10.37 AM

-----------------
-update

sorry I was so late to say happy birthday to you. my phone suddenly crashed and I can't text you... maybe I'm late, but I'm sure I am the first person who pray for you 

Another year has passed and let me just say happy birthday.. wish you a wonderful birthday..

hope we still be friend forever. kadonya nyusul ya :)


-HRP

Senin, 02 Juni 2014

Hadiah lucu dari Kuis KancutKeblenger & MonsteraCraft

soal kuis
Hai hai guys!

Gak kerasa ya udah bulan juni aja, bulan yang paling aku tunggu-tunggu :D

Oh iya, aku pengen cerita dikit, beberapa waktu yang lalu aku iseng ikutan kuisnya salah satu komunitas blog terketjech di indonesia, yaitu KANCUT KEBLENGER :3 dan kali ini kuisnya di sponsori oleh monstera craft, aku langsung kepoin akunnya monstera, ih lucu-lucu gitu kerajinan tangannya. dan kalo aku menang, aku bakalan dapet glass painting gitu. unik kan.

waktu itu mimin-nya ngasih pertanyaan kuis yaitu kita disuruh nebak siapakah orang yg ada di foto yang udah di share sama mincut. ini dia soalnya :

Nah, pas itu aku menganalisis *ciye. dari bentuk hidung sama pipi-nya kayaknya pernah lihat deh dan wajahnya gak asing lagi soalnya sering nongol di Timeline, akhirnya aku jawab kalo itu bang ALIT shitlicious. Beberapa hari kemudian, mincut ngumumin pemenangnya dan ternyata yang menang aku. Alhamdulillah sekali, ini untuk yang kedua kalinya aku menang kuisnya kancut keblenger, kira-kira setaun yang lalu pernah menang kuis juga, dapet buku perdana-nya kancut keblenger, yang digital love KK itu looh :3

Pas udah tau menang, aku langsung mention @monsteracraft, aku disuruh ngirimin desain gambar yang bakal di lukis ke kaca, akhirnya aku pake gambar yang pernah dibikinin sama Yoko, salah satu temen blogger akuu yang lagi kuliah di Jogja, dia itu pinter banget bikin artwork. Yoko bikinin aku gambar ini sekitar 2 taun yang lalu mungkin ya, waktu itu pengen banget digambarin artwork couple gitu yang unyu, akhirnya hasilnya emang unyuuu. Anggap saja gambar cowok cewek yang ada di lukisan ini adalah masa depanku, entah itu siapa tapi ini sama sekali gak mengarah ke seseorang kok, emang iseng aja bikin yang ada cowoknya gitu hehe :3

Senin, 26 Mei 2014

[Review Film] : No Mercy (2009) - Memaafkan itu menyakitkan

Judul : No Mercy
Tahun rilis : 2009
Genre : crime, thriller

Peringatan : SPOILER ALERT !
*udah di ingetin loh ya

Film bertemakan balas dendam dan kasus kriminal emang selalu bikin penasaran buat ditonton. Film ini ceritanya tentang seorang pecinta lingkungan yang telah membunuh dan memutilasi wanita, wanita itu namanya Eun-oh kalo gak salah. Tubuhnya dipotong menjadi 6 bagian tapi salah satu lengannya hilang dan akhirnya ditemukan di pabrik semen. Para detektif mengumpulkan bukti-bukti untuk menangkap pelakunya hingga akhirnya mereka menemukan pelakunya yaitu bernama Lee sung-ho. Professor Kang, adalah seorang ahli forensik yang menangani kasus seperti ini tugasnya mengotopsi korban untuk mengetahui penyebab kematian dan dia pun membedah badan korban untuk diotopsi.

Professor kang punya anak yang sekolah di Amerika dan hendak pulang ke korea. Saat ayahnya menjemputnya di bandara, tiba-tiba ada seorang pria yang memberikan amplop berisi foto-foto anaknya Prof. kang yang sedang disekap oleh seseorang, dan yang menyekap putrinya itu adalah LEE sung-ho, pelaku pembunuhan mutilasi tadi. wah kok sama yaaa???
Kemudian Prof. Kang dateng ke kantor polisi dan menanyakan kepada Lee tentang keberadaan putrinya, Lee ingin membuat kesepakatan dengan Prof. Kang, ia menyuruh Prof. Kang agar membantu membebaskan dirinya dari tuduhan pembunuhan jika Prof.Kang ingin putrinya selamat. Prof. Kang bagaikan memakan buah simalakama, antara menyelamatkan putrinya atau membebaskan orang yang bersalah? huft stress banget dia.

Prof. Kang mencari cara agar Lee terbebas dari tuduhan pembunuhan itu, dia memanipulasi barang bukti, dan menyuruh Lee untuk bersandiwara. Akhirnya Prof. Kang mencari sasaran untuk dijadikan pelaku "bohongan", dia mengintai pacarnya korban mutilasi tadi, Prof Kang menyuruh seorang PSK untuk mengambil sperma dari pacar korban tadi, dan sperma itu digunakan untuk memanipulasi tubuh korban agar tuduhan di alihkan pada pacar korban tadi dan Lee bisa bebas.


Sabtu, 24 Mei 2014

[Review Film] : PIETA (2012)

Judul film : pieta
Tahun rilis : 2012
Genre : Drama

Peringatan : SPOILER ALERT

Emm.. baru pertama kali nonton film hasil karya kim ki duk, sutradara film yang penuh kontroversial di film-filmnya.

Film ini ceritanya tentang seorang debt collector yang sangat kejam dan cara menagih utangnya gak wajar namanya kang-do. Metode penagihan Kang-do sangat keji, yaitu sengaja melukai para debitor yang tidak sanggup membayar tepat waktu hingga cacat untuk mengambil klaim asuransi mereka. dan kang-do adalah orang yg hidup sendirian.

Tiba-tiba ada seorang ibu-ibu misterius yang selalu mengikuti kang-do, dia mengaku bahwa dia adalah ibunya, ibu itu bilang kalo dia dulu membuang anaknya. kang-do awalnya gak percaya kalo itu ibunya, tapi ibu itu sangat gigih untuk meyakinkan kang-do bahwa dia bener-bener ibunya. hingga akhirnya kang-do luluh dan menikmati waktu bersama ibunya itu. 

Di tengah-tengah cerita, ibu itu berubah dan mulai bersikap aneh. dia pura-pura di ancam oleh orang dan setiap ada orang yang mengusik ibunya, kang-do selalu membela ibunya. hingga akhirnya tiba2 ibu itu ilang dan menemui mayat yang disimpan dalam kulkas. siapakah mayat itu? ternyata mayat itu adalah anaknya yang sesungguhnya, anaknya itu pernah ditagih utang sama kang-do tadi dan dia bunuh diri, mungkin karena gak bisa bayar.

Jumat, 16 Mei 2014

Review Film : THE TERROR LIVE


Judul : The terror live
Tahun rilis : 2013
Genre : thriller, action

Ceritanya itu tentang seorang pembawa berita yang akhirnya diturunkan menjadi penyiar radio, namanya yoon. Nah pas dia siaran, tiba-tiba ada yang nelpon untuk menyampaikan suatu pendapat. tapi yang nelpon itu aneh, dia sangat membenci pemerintah dan mengancam akan meledakkan bom di jembatan mapo. Yoon ngira itu cuma bercanda, akhirnya dia bilang ke penelponnya "ya sudah, silahkan ledakkan saja kalau bisa", beberapa menit kemudian, ada ledakan bom di jembatan mapo.

Yoon kaget, ternyata si penelpon itu gak main2. Hal ini di manfaatkan oleh yoon untuk menaikkan jabatannya lagi menjadi pembawa berita di TV, dia menguhubungi mantan bosnya dan memintanya untuk melakukan siaran langsung, dan Stasiun TV ini ratingnya bisa naik kalo si penerror bisa diwawancara dan disiarkan. Tapi semua itu berubah menjadi bencana, sang penerror meminta hal untuk dikabulkan, yaitu ia ingin presiden meminta maaf atas kematian 3 pekerja konstruksi jembatan mapo. ia merasa bahwa rakyak kecil seperti dianggap "sampah" oleh pemerintah.

dan ternyata.. penerror itu adalah....

Minggu, 11 Mei 2014

[Review Film] - AZOOMA

Judul : AZOOMA
Tahun rilis : 2012/ 2013
Genre : thriller, drama

Peringatan : SPOILER ALERT 

AZOOMA itu artinya apa sih? azooma itu ini : middle-aged woman. kalo di indonesia mungki biasa dipanggil "ibu-ibu/ emak-emak". film ini ceritanya tentang seorang ibu yang meperjuangkan keadilan. Anaknya yg bernama yeon joo di culik sama orang pas pulang sekolah kemudian dibawa pergi dan di perkosa. Oke dia pedofil. 
Sepulang sekolahh, Yeon joo nunggu emaknya di depan sekolah tapi emaknya gak dateng-dateng. Emaknya lagi ada pertemuan sama klien. Nah, karena dia nunggu terlalu lama, akhirnya yeon joo pulang sendirian. Di perjalan, ada om om yang nyamperin yeon joo dan mengaku bahwa dia adalah temen emaknya, akhirnya yeon joo masuk ke mobil tersebut.

Om om tadi bawa yeon joo ke apartemennya dan memperkosa anak itu. Pelaku ini sangat berhati-hati dalam melancarkan aksinya. dia pake penutup kepala, sarung tangan dan tempat untuk memperkosa anak tadi itu pake alas plastik. Setelah melakukan aksi bejatnya, dia memasukkan yeon joo kedalam koper dan menaruhnya di pinggir jalan, hingga akhirnya ibunya nemu anaknya lagi pingsan di jalan dan membawanya ke rumah sakit.

ibunya langsung nelpon mantan suaminya (Dr. Lee) tentang kejadian tersebut , tapi mantan suaminya rupanya gak suka kalo anaknya kena kasus ini dan dia menyuruh mantan istrinya untuk tidak menggangu kehidupannya lagi. Dr. lee adalah seorang dokter gigi terkenal. Sangat tidak bertanggung jawab. Ibunya sangat bersikeras untuk menangkap pelaku pelecehan seksual tersebut dibantu oleh detektif Ma. Detektif Ma sangat kewalahan, karena ibunya ini sangat ambisius dan sering berbuat nekat untuk menangkap pelakunya. 

Kamis, 01 Mei 2014

[Review Film] : MEMORIES OF MURDER

Judul : Memories OF murder

Tahun rilis : 2003
genre : thriler, mystery

Yaaak, semalem aku nonton film ini, Ini film udah lama sih, tahun 2003, tapi bagus banget. dan katanya, ini film BASED FROM TRUE STORY, sekitar taun 80-an kalo gak salah. Oke, jadi gini...

Ceritanya itu tentang detektif di suatu desa yang sedang menangani kasus pembunuhan di wilayahnya, namanya detektif park. Dia itu terlihat gak serius dalam menangani kasus, soalnya dia sering banget salah nangkap orang. dia juga pernah menangkap orang dengan gangguan mental. Kasus pembunuhan pertama belum TERUNGKAP siapa pelakunya, eh udah ada korban lagi. Akhirnya pihak polisi mendatangkan detektif dari seoul untuk membantu detektif park, namanya detektif yoon.

Sudah jatuh 2 korban pemerkosaan dan pembunuhan, tapi masih belum ketemu pelakunya. tap detektif yoon menemukan persamaan antara korban pertama dan kedua, yaitu pembunuhannya dilakukan pas HUJAN, wanita yg dibunuh pake baju merah, kepala korban di tutup dengan celana dalam, trus waktu pembunuhan, siaran radio sedang memutar lagu yg sama yaitu SAD LETTER. Mereka terus berusaha untuk mencari siapa pelakunya. Hingga akhirnya ditemukan korban ketiga dan cara pembunuhannya itu sama kayak pembunuhan 1 dan 3.

Sabtu, 26 April 2014

Review Film : The client (2011)

Judul Film : The Client
Tahun rilis : 2011
Genre : thriller, drama

Ceritanya itu tentang pria (namanya Han) yang dituduh telah membunuh istrinya. Diawal cerita, ada sebuah apartement yang kasurnya penuh darah (3 liter) tapi tidak ada mayat korban, sidik jari pelaku, maupun barang bukti yang kuat. Nah, tiba-tiba si Han ini pulang ke apartment tersebut buat merayakan ultah pernikahan mereka. Tapi pas sampe di apartement, Han langsung ditangkap sama polisi dan di cap sebagai pembunuh istrinya sendiri. Aneh kan? FYI, muka Han ini polos dan innocent.

Pas persidangan, Han didampingi pengacara namanya Kang (pembela) dan ada juga dari pihak korban sebagai penuntut namanya Ahn. Si kang ini mencoba untuk menyelamatkan Han dari tuduhan pembunuhan, karena pihak polisi tidak punya bukti secara langsung bahwa Han adalah pelakunya. 

Han juga merupakan pelaku pembunuhan siswi SMA beberapa tahun silam dan LOLOS dari kejaran polisi karena tidak ada cukup bukti bahwa dia pembunuhnya, jadi dia itu pembunuh yang pinter ya, gak ada sidik jari sama sekali. Pas ditanyain Kang, Han bilang kalo dia gak bunuh istrinya, karena dia sayang banget sama istrinya, dan kang pun percaya sama si han. apalagi si han mukanya polos gitu, masak iya dia bunuh istrinya sendiri. Tapi pas di tes sama dokter, dia itu adalah PSIKOPAT

Kamis, 24 April 2014

[Review Film] : CONFESSION OF MURDER

Judul Film : Confession Of Murder
Tahun rilis : 2012
Genre : thriller

Ceritanya itu tentang pembunuhan berantai yang terjadi belasan tahun silam, tapi sampe 15 tahun lebih pembunuhnya belum ketangkep. Korea Selatan memiliki perangkat peraturan hukum yang membatasi penuntutan hukum secara legal suatu kasus kriminal hingga 15 tahun setelah awal kejadian. Jika sudah melewati batas waktu 15 tahun, pelaku kasus kriminal tersebut bisa bebas dari hukuman tanpa bisa dituntut oleh pengadilan.

Nah, 17 tahun kemudian, ada seseorang bernama lee yang tiba2 muncul ke media dan mengaku bahwa dia itu PEMBUNUH BERANTAI itu dan dia menerbitkan buku yg isinya tentang dia dan pembunuhan yang dia lakukan. pemeran Lee ini ganteng banget, dan akhirnya dia populer gara-gara bukunya itu. Ada polisi namanya letnan choi dia yang menangani kasus pembunuhan ini, dan rupanya dia masih penasaran dengan sosok pembunuh sebenarnya, nah pas si Lee ini muncul ke media dan ngaku kalo dia pembunuh, dia bingung "masa' sih dia pembunuhnya?"

Kamis, 13 Februari 2014

Review Film THE TOWER - masihkah ada yang mau berkorban?

Judul : The Tower
Tahun rilis : 2012
Genre : disaster, drama


Film ini ceritanya tentang sebuah gedung yang namanya "tower sky", yang tinggal disana orang yang high class gitu deh. Suatu malem, gedung itu ngadain pesta natal, biar suasana natalnya tambah meriah panitia nyiapin helikopter yang nantinya akan menebarkan salju - saljuan gitu. Nah pas helikopternya itu muter-muter buat naburin salju, tiba - tiba helikopternya hilang kendali gitu. Akhirnya helikopter itu nabrak towernya dan terjadi kebakaran di tower tersebut. 

Pemadam kebakaran pun turun tangan, mereka berusaha untuk menyelamatkan para korban dan memadamkan api. regu pemadam kebakran ini di pimpin oleh seorang kapten, harusnya malam itu kapten tersebut merayakan natal sama istrinya, tapi karena jiwa sosial dan kemanusiannya tinggi, akhirnya dia pun ikut dalam rombongan penyelamat.

tower sky kebakaran
di film ini juga ada tokoh manajer keamanan gedung, dia disini juga ikut menyelamatkan para korban, didalam gedung itu juga ada anaknya, anaknya hampir aja meninggal pas nyebrang di suatu jembatan penghubung gedung, tapi untungnya selamat. pada kasus ini, tim pemadam, tim gedung dan walikota ikut andil untuk memecahkan masalah ini. berbagai cara mereka gunakan untuk menyelamatkan semua korban, hingga pada akhirnya ada solusi yaitu meledakkan gedung, katanya sih untuk meminimalisir kerusakan atau apa gitu. tapi didalam gedung tersebut masih ada beberapa orang yang masih hidup, akhirnya mereka mencari jalan keluar dengan dibantu petugas kebakaran. 

Senin, 10 Februari 2014

Review Film - ESCAPE PLAN : Ide Cerdik Itu Perlu

Judul Film : ESCAPE PLAN
Tahun rilis : 2013
Genre : action

Peringatan : SPOILER ALERT

Haloo guys, kali ini aku bakal nge-review film lagi nih. Kenapa? Ya Karena di rumah suwung Gag ada kerjaan apalagi jomblo gini kan Yaaa, Hmm. Oke kali ini aku bakal review film yang baru aku tonton jadi, judulnya ESCAPE PLAN. Awalnya aku tertarik sama film ini karena yang main itu sangar – sangar, Sylvester Stallone sama Arnold schwarzennegger (ah susah amat si nama lu, om). 

Gimana? Sangar kan? Mereka itu sama – sama bintang film besar, contohnya om Stallone yang main RAMBO, itu lo yang filmnya bikin ngilu, sadis banget haha. Sama si om Arnold yang pernah main di terminator, udah tua tapi tetep kece Aja nih si om. Basa - basinya udah ya? Oke.

Film ini ceritanya tentang rencana pelarian dari penjara yang sangat GENIUS kalo menurut aku sih. Tapi yang merencanakan pelarian ini bukanlah tersangka, tapi dia ada di dalam penjara. 

Loh kok bisa?

Oke, jadi gini saudara – saudara sebangsa tanah dan sebangsa air ..

Di awal film, ada om Stallone lagi di penjara, di film ini dia berperan sebagai Ray Breslin, awalnya aku ngira kalo  Ray ini  tersangka yang dipenjara, terus makin ke sini kok makin aneh, dia pendiem banget Disana, sambil celingukan, liat sana – sini, ngliat kelakuan penjaga penjara, memperhatikan setiap detail isi penjara, membuat onar secara tiba- tiba, pindah ruang tahanan berulang – ulang, celingukan lagi dan masih banyak hal aneh yang dilakukan Ray Disana, aku pikir dia disana jadi peran yang agak “Weird”.

Gak lama kemudian, di depan penjara ada mobil dateng, dalemnya ada cewek, terus pas ceweknya keluar, mobilnya tiba – tiba meledak. Akhirnya para penjaga mengamankan para tahanan untuk diamankan biar Gag kebakaran (yakali). Naaaah... pas penjaga mau ngamanin si Ray ini, tiba – tiba Ray udah Gag ada di dalam ruang tahanan tadi. Ternyata dia udah kabur, dan udah ada di dalam mobil lain bareng sama cewek yang keluar dari mobil meledak tadi dan ada 1 cowok lagi (Hush namanya). Di tengah perjalanan, si Ray turun dari mobil dan pergi ke telepon umum, aku Mikir, ini orang abis kabur dari penjara, bukannya mumpet malah sliweran di tempat umum, dan akhirnya ada polisi lewat dan yaaah dia ketangkep lagi. Dan pas di tangkap, Ray Gag panik sama sekali, ini bego apa gimana sih? haha.

Tahaaan... It’s just a beginning, baby!

Sabtu, 08 Februari 2014

Review film THE FLU - Haruskah kita egois?

Judul Film : THE FLU
Tahun rilis : 2013
Genre : medical disaster movie, drama

Peringatan : SPOILER ALERT 

Halooo kembali lagi di cerita runa. kali ini aku bakal nge-review film yang baru aku tonton tadi malem. film ini di rekomendasikan sama temenku, katanya sih bagus, akhirnya kemaren ke kampus buat download film ini, kenapa di kampus? karena disana speed downloadnya lumayan, daripada lu manyun. haha

Film ini ceritanya tentang penyebaran virus flu burung berbahaya yang sangat cepat dan mengacaukan kota bundang di korea. virus tersebut diduga datang dari kontainer yang berisi imigran gelap dari filipina kalo gak salah, trus salah satu orang disana ada yang lagi sakit, pas udah sampe korea, kontainer itu dibuka oleh petugas imigran gelap dan ternyata satu kontainer tertular virus flu yang ditimbulkan orang tadi, semua mati, kecuali satu orang, namanya moon sai. dia masih hidup tapi sudah terkena virus flu. Handphone salah satu petugas tadi jatuh di kumpulan orang -orang yang terinfeksi tadi, dan dia pun mengambil handphone itu. Tiba - tiba petugas tadi mengalami flu dan langsung ke apotik, ternyata dia terinfeksi abis dari kontainer sana,  disana dia batuk - batuk dan seketika menulari orang - orang yang ada disana. dan tak lama kemudian VIRUS FLU ITU MENYEBAR SAMPE SATU KOTA.

Imigran yang selamat tadi dibawa oleh dua orang petugas tadi. Pas diperjalanan,moon sai kabur, nah ini udah mulai konflik, yang KENA VIRUS aja kabur, gimana nasib masyarakat lain kan? apa dia bakal nularin orang? tapi dia sembunyi ke suatu tempat biar gak nularin orang. suatu hari, ia ditemukan oleh mi reu, gadis kecil, dia anaknya dokter in hae, siapakah dia?

oke.. jadi gini :

Kamis, 06 Februari 2014

Review Film - The Internship : Cari Kerja, kudu Usaha

Judul film : The internship
Tahun rilis : 2013
Genre : comedy

oke, kali ini aku bakal review tentang film the internship dari sudut pandang aku yaaa hehe.

film ini ceritanya tentang dua orang salesman yang kemudian berhenti kerja karena perusahaannya tutup. trus mereka nyari pekerjaan lain. Billy iseng googling buat cari pekerjaan, dan tiba - tiba dia ada ide mau daftar magang di GOOGLE. Yah, siapa sih yang gak tau google? google salah satu perusahaan besar di dunia di bidang teknologi. Billy mengajak temannya yang bernama nick untuk mendaftar bersama, tapi si nick awalnya agak ragu. Setelah beberapa pertimbangan, akhirnya mereka mendaftar dan melakukan interview dengan google melalui webcam.

Mereka memalsukan identitas pendidikannya, mereka sama sekali gak punya basic di bidang teknologi, tapi mereka tetap nekat untuk mendaftar. ada dua orang yang mewancarai mereka, mereka sampe kebingungan sama jawaban2 absurd billy dan nick. di kantor google, ada tim yang mengawasi magang, semua anggota tadinya gak setuju kalo mereka diterima magang di google, tapi si "lyle" ingin mereka diterima magang karena baginya nick dan billy itu punya ide yang unik. akhirnya mereka pun diterima magang di google. pertama kali mereka mengunjungi kantor google, mereka terkesima dan kebetulan peserta magang lain umurnya jauh dibawah mereka. sekitar 20an. sedangkan mereka sudah cukup dewasa :D

Senin, 27 Januari 2014

Review Film ELYSIUM : Perjuangan dan Pengorbanan itu MAHAL

Judul film : Elysium
Tahun rilis : 2013
Genre : action, sci-fi

SPOILER ALERT!

Film ini ceritanya tentang bumi yang udah padat banget penduduknya, dan orang - orang yang kaya pindah ke planet lain buat mempertahankan gaya hidup mereka yang mewah, namanya "elysium". disana, semua penyakit bisa disembuhkan, hidupnya enak, pokoknya perfect. Tapi gak semua orang bisa kesana.

Ada seorang pria namanya max, dia kerja di suatu pabrik, suatu hari dia terpapar radiasi dengan dosis yang cukup mematikan, akhirnya dia dateng ke tempat temennya yang bisa bawa dia ke elysium untuk penyembuhan. Tapi semua itu gak gratis, dia harus kerja dulu sama temennya itu, namanya "spider". Dia disuruh mencuri data yang tertanam di otaknya CEO pabrik / pemiliki elysium kayaknya. si spider pengen nyuri semua data aksesnya, kayak rekening bank, login, dll. Akhirnya max setuju dan berhasil mengambil data dari otaknya CEO itu dan dipindah ke otaknya max.

Suatu hari dia ketemu sama Frey, teman masa kecilnya, dulu max pernah janji mau bawa dia ke elysium. Ternyata frey udah punya punya anak, namanya mathilda, anaknya terkena leukimia stadium akhir. dia pengen bawa anaknya ke elysium buat nyembuhin anaknya, tapi dia gak punya tiket. Akhirnya frey dan mathilda di tangkap sama agen krueger dari elysium untuk dibawa kesana karena dia udah nolongin si max. trus akhirnya max juga ikut ke pesawat yang dinaiki krueger, temen2nya, frey dan mathilda.

Fanpage Cerita Runa
×