Sabtu, 23 November 2013

Aku Hanya Ingin Memelukmu, Ibu

ibuku, cahaya hidupku
Aku hanya ingin memeluk ibuku..

Terkadang di saat keresahan tiba-tiba mendatangiku, aku hanya ingin memeluk ibuku. Tapi aku tak terbiasa bercerita dengannya, aku tak terbiasa berkeluh kesah dihadapannya. Alasannya satu, aku tak ingin ibuku ikut merasakan perih yang aku rasakan. Misalnya saja, waktu itu aku sangat terpukul, terpukul sekali setelah kehilangan orang yang sangat berarti dihidupku selain ayah ibuku, aku ingin bercerita kepada ibuku, tapi sekali lagi.. aku benar-benar tidak bisa.


Aku hanya ingin memeluk ibuku..
Ibu, Mengapa aku benar-benar rapuh? Aku tak bisa bertahan terlalu lama dengan apa yang aku rasakan. aku mencoba untuk menghibur diriku sendiri, begitu pula teman – temanku yang selalu bersedia menyempatkan waktunya untuk membuatku tersenyum lagi. Tapi kenapa masih saja ada yang mengganjal?

Ibu, Aku sudah menemukan penggantinya, aku sangat menyayanginya. Tapi sekali lagi.. kali ini aku gagal untuk kesekian kalinya. Aku gagal mempertahankannya, aku gagal membuatnya bahagia saat bersamaku. 

Ibu, Apakah aku tidak pantas untuk orang yang aku sayangi? Apakah aku tak pantas berbahagia dengannya? Bagaimana kalau ternyata hanya dia yang bisa membuatku bahagia? Apakah aku harus pergi dan menemukan yang lain (lagi) ? Aku sudah lelah, aku lelah menemukannya, bu. Aku hanya ingin satu orang, satu orang untuk selamanya, seterusnya.

Terkadang di saat rasa sakit itu menghinggapiku lagi, aku pergi menemui ibuku dan tiba-tiba memeluknya. Hanya memeluknya (saja) tak menceritakan apa-apa, dan tak memperlihatkan rasa sakit di wajahku. Aku hanya memeluknya dan tersenyum sembari bertanya pada ibu :

“Ibu, apa kabar hari ini?”

Kemudian setelah itu, aku mencium tangannya dan kembali ke tempat persembunyianku untuk berkeluh kesah. Dengan siapa? Sudah pasti kau tahu jawabannya. Aku berkeluh kesah seorang diri di tempat persembunyian itu. Sesekali aku menitikkan air mata karena sudah tak tertahankan lagi. Terkadang jika suatu malam gundah itu kembali datang, aku mengambil air wudhu, menggelar sajadah merahku dan salat. Itu cara lain untuk berkeluh kesah, kali ini aku berkeluh kesah dengan penciptaku.

Saat itu pula, air mataku mengalir begitu deras. Semua hal yang mengganjal aku ceritakan dengannya, tentang kehidupan, tentang rasa sakit, tentang cinta, dan tentang semua yang menjadikanku rapuh. Dan setelah aku berkeluh kesah dengan penciptaku itu, aku kembali tidur dan berharap ketika bangun nanti, aku sudah baik-baik saja.

Ibu, Maaf aku tak pernah bercerita tentang semua yang selalu mengganjal di diriku, aku ingin ibu baik-baik saja, tak terlalu memikirkanku, dan tak perlu ikut bersedih saat aku mengalami hal yang perih. Yang aku inginkan hanya memelukmu, Ibu. 

Itu saja sudah sangat cukup bagiku..

Ibu, Aku sangat sangat sangat ingin memelukmu, selamanya..

Selasa, 05 November 2013

Masih Maukah Kalian 'meminta' ? Hei, Pengemis.


Haloo guys, jumpa lagi nih sama cerita runa yang ceritanya agak ngawur tapi kadang sesuai fakta haha. Kali ini aku mau bahas soal pengemis, baru – baru ini lagi nge-hits banget tuh berita tentang pengemis yang pendapatan sebulannya bisa mencapai 9-jutaan. Sungguh angka yang sangat fantastis dan miris. kenapa? Banyak orang yang bekerja keras tapi gajinya gak sebanyak itu loh, miris. Betewe aku yo gelem haha eh tapi aku masih punya akal sehat ding. mosok runa ngemis? 

Yuuk kita bahas bareng – bareng soal pengemis jaman cekayang (baca=sekarang)

Pengemis, mungkin kalian udah gak asing banget ya liat pengemis, di pasar, di masjid, di hatimu(?) dan lain sebagainya. Kadang kita sering liat juga pengemis yang menggunakan kekurangan fisiknya agar para pengguna jalan merasa iba, termasuk aku sendiri, orangnya gampang banget kasian sama orang apalagi pengemis gitu. Tapi ada yang cacat beneran ada juga yang pura-pura, buat orang – orang yang gak peduli itu palsu apa enggak, mungkin bakal langsung ngasih kali yaa. Selain dengan cara cacat-cacatan (pura-pura cacat) ada juga yang pake cara nggendong bayi, entah itu bayi-bayinan apa bayi beneran, kok bahasaku aneh ya? :(. Mungkin kasus yang kaya gini udah gak asing lagi, banyak trik deh pokoknya biar mereka dapet penghasilan lebih. Minat? PM mereka aja gan. muahhaa

Yang gak habis pikir itu, kenapa mereka harus mengemis? Apakah tidak ada pekerjaan yang lebih baik lagi? Aku pernah baca hadist, intinya “tangan diatas lebih baik daripada tangan dibawah” jadi, buat apa sih kita harus “minta” kalo sebenernya kita bisa dapetin apa yang kita mau dengan berusaha dan tanpa harus meminta dari orang lain. Minta sama Allah aja (berdoa). Apalagi yang fisiknya masih sehat – sehat gitu, maneman banget kalo kerjaannya Cuma buat “ngemis”. Bukan maksud apa – apa, tapi jaman sekarang, banyak banget yang nganggep pengemis itu “pemalas” ya emang gitu sih kenyataannya. Kalo kalian males belajar, berarti kalian pengemis ilmu #lhaiske, trus kalo kalian males memperjuangkan cinta, berarti kalian adalah pengemis cinta #lhaiske (Tolong di “iya” in aja biar seneng. Iyaa )

Minggu, 15 September 2013

Dibalik Musibah Dul, Versi Gue


helooo guys, ketemu lagi nih sama cerita runa yang super kece abis, kalian apa kabar? Betewe, udah move on dari mantan belom? *langsung dilemparin jumrah.

Okeh, kali ini aku bakal bahas serba serbi dan hikmah dari kejadian yang baru aja menimpa si dul. Bukan si doel anak betawi loh ya, tapi si dul anaknya ahmad dhani yang baru berumur 13 taun. Yaps, pasti udah pada tau kan kalo si dul itu mengalami kecelakaan maut di tol jagorawi, dan denger- denger sih dia abis nganterin pacarnya gitu abis malem mingguan kalo gak salah, but.. malem mingguan mereka kali ini berubah menjadi bencana. Dul, kamu itu itu masih kecil, umur 13. kenapa kamu bisa gitu sih? Kenapa bisa udah punya pacar? Aku aja belom #lhaTrus?

Dul masih umur anak sekolahan yang terbilang masih cukup imut, dia itu seumuran sama adekku yang masih kelas 3 SMP. FYI, adekku yg itu kalo mau naik motor aja kudu ngumpet ngumpet dari emak. Kenapa? Karena kata emak, umur segitu emang jangan naik motor di jalan umum dulu. Secara, emak itu sayang banget sama anak – anaknya, jadi dia nglarang demi kebaikan anak mereka. Sweet kan emak gue.

Back to si dul,

Pertanggung-jawaban ahmad dhani

Korban dari kecelakaan ini adalah 7 orang tewas dan lainnya luka luka, dan 7 orang yang tewas itu rata – rata adalah tulang punggung keluarganya. Kasian. Tapi Ahmad Dhani bilang kalo dia bakal membiayai sekolah anak – anak yatim tersebut, gak tau deh berapa anak tapi untungnya ahmad dhani mau bertanggung jawab dan mau membiayai sekolah mereka. Dan kabarnya lagi, dia mau mendirikan sebuah yayasan atau apaa gitu namanya “AQJ” isinya itu buat penggalangan dana buat anak yatim gitu (kebetulan aku tadi nonton di infotainment). Menurutku, ahmad dhani cukup bertanggung jawab juga ya, apa lagi dia dan beberapa rekannya ikut melayat ke rumah korban, menjenguk korban luka, dan menemui keluarga korban.

Ahmad dhani udah punya niatan baik, dia mau bertanggung jawab atas kesalahan anaknya. Mungkin beberapa orang ada gregetan sama ahmad dhani, terlebih lagi emak – emak, mungkin gini ilustrasinya..

“ si dhani itu gimana sih, punya anak kok gak di urusin”..
“ si dhani itu gimana sih, anaknya masih ingusan aja udah dikasih mobil”

Dan mungkin masih banyak lagi kicauan emak – emak diluar sana. Betewe beberapa hari ini pas aku naik angkutan umum, pasti ada ibu – ibu yang lagi ngrumpi soal dul dan tentang sikap orang tuanya yang mungkin kurang menjaga dul dan masih banyak lagi yang mereka cerca. Plis buk, hentikan, kupingku panas. *kemudian kupingku keluar asap.

Kamis, 12 September 2013

Rain, I Miss You


Minggu, 21 Juni, gerimis.

Langit mendadak gelap. Aku menunggumu sudah 2 jam, kau tak lekas datang menemuiku, apakah kau melupakan janjimu? Hari ini adalah pertemuan pertamaku denganmu. Kita membuat janji akan bertemu di taman kota pukul 5 sore, untuk yang pertama kali. Sekali lagi aku tegaskan.

Ah, aku ingat pertama kali kita berjumpa di dunia maya, kau terlihat lugu dengan bahasamu yang sangat formal dan seperti sedang berkenalan dengan pejabat saja. Aku tertawa kecil sambil memandang barisan kalimatmu di layar obrolanku. Kau mengirimiku pesan, waktu itu kau memintaku untuk membantumu menulis puisi. Puisi cinta untuk tugas kuliah sastra-nya. Kau orang yang pendiam, tapi lama - kelamaan kau pun menunjukkan sifat aslimu, sangat menyenangkan.

Sudah berbulan - bulan kita saling berkomunikasi, walaupun hanya melalui dunia maya. Ya, kita memang terpaut jarak yang sangat jauh, aku di Indonesia dan kau di Inggris. Sebenarnya ia orang Indonesia, namun ia sedang menempuh studinya di negeri sepak bola itu. Sempat aku membayangkan, seperti apakah kau sebenarnya? seperti apa suaramu? apakah kau menyenangkan seperti di dunia maya? Bayanganku melayang jauh, selalu memikirkanmu dan selalu berharap suatu saat kau akan kembali ke Indonesia dan menemuiku. Suatu saat.

Masih minggu, 21 Juni, dan masih gerimis.

Dua jam telah berlalu, kau tak segera menampakkan wajahmu. Aku terus menunggumu walaupun saat ini sedang gerimis. Aku sangat ingin bertemu denganmu, berbicara denganmu, bercanda denganmu dan masih banyak lain yang ingin kulakukan saat pertama kali bertemu denganmu. Beberapa menit kemudian, terlihat sosok pria dengan kemeja merah datang menghampiriku, saat itu aku sedang membaca pesan terakhir dari mu,

" Tunggu aku di taman itu, aku akan menemuimu sebentar lagi"

Kau datang dengan menyunggingkan senyum, dan memanggil namaku. Akhirnya kau datang juga, ucapku dalam hati. Kami pun saling bersalaman dan tak lama kemudian kita mulai berbicara banyak hal. Aku senang akhirnya kita bisa bertemu di dunia nyata, aku senang akhirnya bisa mendengar suaramu, dan terlebih lagi.. aku senang melihat kau menyunggingkan senyum manismu yang tak akan aku lupakan itu. Menyejukkan hati.

Minggu, 21 Juni, pukul 7 malam, Akhirnya hujan deras.

Sejak saat itu, aku selalu merindukan hujan, dan yang pasti.. aku juga merindukanmu..

Flash fiction nulisbuku.com, #FF2in1
Tema : "officially  missing you"

Jumat, 02 Agustus 2013

Runa, bakul film tanpa tanda jasa


Yuhuuu!

Balik lagi di cerita runa yang super kece dan cetaar syalalalala icik icik ehem ... #abaikan. Tak terasa kita udah memasuki bulan agustus, bulan dimana indonesia MERDEKA dan di bulan agustus juga, kita akan bertemu dengan HARI RAYA IDUL FITRI. horeeeee, hari yang paling aku tunggu - tunggu. soalnya moment lebaran itu pas banget buat.......dapetin THR. oke. 

Oh iya, bulan agustus juga bulan dimana aku mulai liburan, sebenernya liburanku itu sejak bulan Juli, tapi karena bulan juli aku ada PKL (bukan pedagang kaki lima loh ya). PKL ini sejenis magang / latian kerja gicuu, kemarin aku magang di technosindo, asik banget sumpah magang disana. Banyak banget pengalaman dan ilmu yang aku dapet setelah magang disana. tapi.. semuanya telah berakhir, maaf kita akhiri saja semua ini, lebih baik kita putus aja demi kebaikan kita ya runa, *mulai halusinasi lagi*. Yang terakhir abaikan aja, karna magang disana itu ENAK dan bermanfaat. Asik.

Okeee back to the topic, emm judul ceritaku kali ini adalah "runa, bakul film tanpa tanda jasa". emmm, karena aku ini seorang movie freak, pecandu film, penggila film, fans berat film, movie hunter yaahh pokoknya itu deh. Aku suka banget nonton film, tapi gak di bioskop. Kenapa? karena bagiku nonton film di bioskop itu buang - buang duit, buat nonton satu film aja kita disuruh bayar sekitar 40 - 50 ribu, tuh uang mending ditabung buat beli kuota internet dan bisa donlot beberapa film looh. think smart ala runa kece. Tapi selain alasan "karena mahal" ada juga satu alasan kenapa aku jarang nonton di bioskop. emm... karena.. emm .. gggu....guee.. jom..jomb... yah itu deh pokoknya. *nangis di pojokan sambil shower-an*

Rabu, 17 Juli 2013

ke-tidak sengaja-an yang manis


Apakah kau ingat? Saat pertama kali kita bertemu?

Saat aku berjalan menyusuri lorong kampus, kemudian kita bertemu secara tidak sengaja. Saat itu kau melihatku namun sayang sekali aku tak sempat menatap wajahmu. Saat itu, kita masih belum mengenal satu sama lain. Beberapa jam kemudian, kau mengirimiku wall di facebook dan kau mengatakan bahwa kau baru saja melihatku. Hei, kenapa dia bisa mengenaliku? Ternyata waktu itu dia hanya asal menebak saja, dan ternyata tebakannya benar.

Setelah pertemuan yang tidak sengaja itu, kau mulai menghubungiku setiap waktu, aku tak tahu kenapa ke-tidak sengaja-an itu bisa mendekatkan kita? Aku dan kamu saling bertukar pikiran, bersenda gurau, menyemangati satu sama lain dan masih banyak lagi. Hari demi hari aku lewati bersamamu, dan waktu itu status kita masih ‘teman’. Aku merasa nyaman sekali denganmu, walaupun kita jarang bertemu, jarang mengobrol secara langsung dan tidak pernah menatap satu sama lain. Ya, kita hanya berkomunikasi lewat handphone dan internet.

Bulan demi bulan kita masih menjalani hubungan tak jelas ini, hingga pada akhirnya kau menampakkan sesuatu yang membuatku bertanya – Tanya. Kau mulai sering mengirimkan kata – kata manis, rayuan kecil dan sangat berbeda dengan biasanya. Hei, apakah kau menyukaiku?

Aku hanya bisa diam, tak berani menanyakan kepadamu. Aku takut, aku takut  dugaanku salah dan akhirnya kau menjauhiku. Untuk sementara, aku memendam rasa penasaranku itu dan terus menjalani hubungan ‘tak jelas’ seperti biasanya. Semakin lama, dia semakin menampakkan rasa itu lagi, Ya tuhan, apakah dia benar – benar menyukaiku? Jika benar, mengapa dia tak memberitahuku? Apakah dia malu? Ataukah dia tidak menyukaiku?

Beberapa hari kemudian, kau mengajakku untuk bertemu di depan kelas. Itu adalah pertama kalinya kau mengajakku bertemu. Jantungku berdegup kencang, aku takut, aku takut dengan semua bayanganku. Dengan langkah kecil, aku menemuinya di depan kelas, kau melempar senyum kepadaku, dan aku pun begitu. Dia memulai percakapannya pertama kali, aku sangat senang bisa berbicara dengannya secara langsung. Kami membahas sesuatu yang menarik dan kita sempat tertawa bersama. Hingga pada akhirnya, dia mengeluarkan kalimat yang membuatku tercengang.

“ Aku, ingin mengatakan sesuatu. Sesuatu yang selama ini aku rasakan padamu”

Aku terdiam sejenak dan kemudian menyilahkan dia meneruskan ucapannya

“ aku menyayangimu, aku ingin kau menjadi bagian dari hidupku. Aku ingin bersamamu di kehidupan nyata, bukan hanya di dunia maya, maukah kau menjadi kekasihku?”

Ya tuhan, aku terkejut mendengar ucapannya, dan dengan tersenyum, aku menjawabnya,

“ Ya, aku mau menjadi bagian hidupmu, aku harap ini selamanya”

sungguh ke-tidak sengaja-an yang manis

-end-


Sabtu, 13 Juli 2013

Curhatanku di Redaksi 2012/2013 (part 2)


design by runa
Haaaaaai, ketemu lagi nih sama cerita runa yang paling kece dan cetaaaar. Oh iya, masih inget gak sama cerita curhatanku di divisi redaksi?? yang udah lupa atau yang belum baca PART 1, silahkan baca disini >> Curhatan part 1

Okeee, udah siap baca lanjutannya gak nihhhh ? lets check it out!!


Trus, ada proker FILM DOKUMENTER, isinya itu adalah slide – slide foto dari regenerasi sampai workshop terakhir, foto – foto kebersamaan kita di PCC, wawancara admin dan anggota PCC, kata – kata penutup dan ada behind the scenenya juga. Pas itu aku inisiatif aja pinjem kameranya temenku, soalnya aku gak punya kamera huhuhu. Emm kejadian lucu pas ngrekam admin, rege dan mas richo. Mas mimin pas di rekam ketawa terus, apalagi ada rege yang kelakuannya konyol banget kaya anak SD mainan bekel wkwk. Dalam film documenter ini, aku juga dikasih masukan sama rege, katanya disuruh ngasih behind the scene, Alhamdulillah ada video-video lucu pas wawancara gitu akhirnya aku masukin aja deh di filmnya hahha.

Kamis, 11 Juli 2013

Anything You Need? Just at Perigigishop.com


Bismillahirahmannirahim,
Assalamualaikum guys! ketemu lagi nih sama cerita runa hehe. Kali ini aku bakal me-review tentang produk dari salah satu online shop yang cute abis. Kenapa aku bilang cute? liat aja deh tampilan websitenya, dengan desain feminim, penuh warna pink, dan yang paling unik adalah logo-nya yang berbentuk gigi dan memegang tongkat peri. Unik hihi.

Pertama kali aku mendengar kata perigigishop.com, aku kira itu online shop yang menjual pernak - pernik gigi, aksesoris gigi dan berhubungan dengan gigi. dan ternyata oh ternyata tebakanku itu SALAH! Peri gigi adalah sebuah online shop yang menjual produk - produk untuk remaja, dewasa muda dan keluarga muda. Selain produk - produk yang ditawarkan berkualitas, mereka juga menawarkan pelayanan yang cukup memuaskan, misalnya dalam pengiriman dan pembayaran, sangat mudah dan cepat. Mereka juga menyediakan layanan customer melalui email, sms, BBM, whatsapp dan telepon. Kalo pengen tau selengkapnya tentang perigigi, klik aja disini 

Nah, sekarang udah pada tau kan apa itu perigigi? sekarang aku bakalan me-review tentang produk apa saja yang mereka tawarkan. Buat yang doyan online shop dan barang - barang lucu, mungkin perigigi ini sangat cocok buat kalian. Mereka mengelompokkan produk - produknya kedalam 8 kategori, yaitu Boneka, fancy stuff, kado unik custom, kaos, kids fashion, lebaran gift, souvenir pernikahan, dan souvenir ulang tahun & baby. Banyak banget produk - produk unik di masing - masing kategori tersebut, lucu lucu deh hehe. Untuk lebih jelasnya, aku bakal njelasin beberapa produk di setiap kategorinya ya, siapa tau ada yang kalian suka juga :D

Check this out!

Rabu, 10 Juli 2013

Kuis Kece Ala Runa (part 1)

Haloo guys!
Ketemu lagi nih sama cerita runa yang paling keceeee.

Okee, kali ini aku bakalan cerita tentang kuis yang aku adain beberapa hari yang lalu, sok banget ya ngadain kuis haha. Kenapa aku ngadain kuis? Ehm, curhat dikit kemarin aku dapet rejeki dari lomba nulis yang aku ikutin. Yah, walaupun gak dapet juara utama tapi lumayanlah dapet pulsa Rp. 100.000.

Berhubung aku jomblo ngenes, otomatis gak pernah pake hape, gak pernah telponan, jarang SMS-an kecuali Tanya tugas ketemen doang #ngenes. Aku beli pulsa gak pernah habis, 2 minggu beli 10 ribu dan biasanya kepake Cuma 1000 doang haha. Kesimpulannya jomblo itu hemat irit meeen, tapi tiap kali aku ikutan lomba – lomba gitu biasanya hadiahnya pulsa, gak pengertian banget, aku ini jomblo, pehlissss *garuk garuk tembok. Pas dapet kiriman pulsa 100ribu, aku bingung ini pulsanya mau diapain? Akhirnya mau aku jualin ke temen – temen dan mau aku bagi – bagi ke follower twitterku, baik hati kannn ? *kedipin mata

Aku langsung pasang status tentang pulsa itu, dan kebanjiran komen dari temen-temen,
“bagi pulsanya dong ruuuuuun”

Hah? Bagi? Ehm, akhirnya aku jawab ke mereka aja
“gimana kalo aku ngadain kuis di twitter aja??

Aku bales kaya gitu asal njeprat, dan gak ada niat buat bikin kuis haha. Tapi dipikir – piker lagi, kayaknya asik juga ya ngadian kuis, sekalian biar twitterku ramee *maklum jomblo. ciyaaan ama lu run. Trus aku nge-tweet ngasih tau kalo aku mau ngadain kuis, eh ternyata banyak yang minat asek asek ehm haha.

 Akhirnya aku bikin kuis:
“buatlah kalimat yang menghubungkan CINTA dan jurusan kuliah kalian masing – masing”
Kece banget kan ide gueeee ? otakku penuh dengan ide – ide haha. Dan yang paling kreatif aku kasih pulsa dan ada dua orang pemenang. Yah walaupun gak banyak, tapi lumayankan berbagi rejeki. Asik. Dan dalam hitungan menit, twitterku kebanjiran mention, karena aku pake tweetdeck jadi tiap menit ada suara burung khas tweetdeck gicuu, sampe adek gue bilang :

“manuk-e sopo kui” (re : burungnya siapa itu?) Wkwkkw

Selasa, 02 Juli 2013

Solusi Cerdas Menghijaukan Rumah Sakitku

Hijau,

Setelah membaca kata itu, apa yang ada dipikiran kalian ?
Saat aku menulis kata ‘hijau’, aku langsung membayangkan kesejukan, kesegaran, asri, dan kesehatan. Yap, warna hijau memang identik dengan kata – kata tersebut. Misalkan saja pepohonan, dedaunan yang berwarna hijau dan bisa menyegarkan pandangan kita.

Pernahkan kalian mendengar istilah green hospital?
Green hospital merupakan suatu konsep yang memadukan antara unsur kesehatan dan lingkungan, pernyataan tersebut aku dapat dari website rsudaya.org. Memang benar sekali, seharusnya tempat pengobatan seperti rumah sakit ini harus mengkolaborasikan antara kesehatan dan lingkungan. Di bayangan kita, rumah sakit identik dengan tembok warna putih, bau obat – obatan, lorong – lorong gelap dan terkadang agak seram jika aku mengunjungi rumah sakit.

Konsep green hospital yang direncanakan oleh RSU DAYA ini sangatlah CERDAS, karena mereka berencana untuk merenovasi rumah sakit mereka agar ramah lingkungan dan bisa mengkolaborasikan antara kesehatan dan lingkungan. Jika green hospital ini terwujud, mungkin pengunjung rumah sakit akan merasa lebih nyaman baik pengunjung yang rawat inap maupun pengunjung untuk besuk saja.

Green hospital yang aku impikan adalah sebagai berikut :

Rabu, 26 Juni 2013

Musik, Komponen Radio, dan Aku

MUSIK, apa yang terlintas dipikiran kalian setelah mendengar kata itu ?

Bagiku, musik itu seperti radio tape. Pernahkah kalian melihat radio tape? Pada umumnya, radio tape terdiri dari antena, tombol power, pengatur tuning, fasilitas rekam dan beberapa komponen lain. Mungkin kalian bertanya – Tanya, apa hubungannya musik dengan komponen – komponen tersebut ?
Penasaran ? ayook kita bahas satu persatu!

Musik itu seperti antena radio
Kalian tahu antena, kan ?
Yap! Antena digunakan untuk menerima dan memancarkan gelombang radio dari bentuk energi listrik ke bentuk gelombang elektromagnetik melalui udara bebas. Kita sering menggerakkan antena ke kanan, ke kiri, ke depan, ke belakang untuk menemukan suara jernih dari suatu saluran radio. Sama halnya dengan musik, musik merupakan penentu baik dan buruknya mood, Itu menurutku. Jika musik yang kita dengar tidak begitu bagus, maka mood yang didapat oleh pendengar tidak terlalu bagus. Namun, jika musik yang kita dengar itu bagus dan nyaman di telinga, maka otomatis si pendengar akan memperoleh mood yang bagus juga. Musik yang asyik itu adalah musik yang dapat memperbaiki mood kita. Contohnya saja, mood-ku selalu bagus jika mendengarkan musik dengan beat yang cepat, terkadang beat yang cepat itu bisa mengurangi perasaan buruk kita. Tempo yang cepat, secara perlahan akan menghilangkan aura - aura negatif yang membuat mood kalian rusak dan merubahnya menjadi suatu mood yang bagus. Sebut saja, music R n’ B, hiphop dan masih banyak lagi.  Kesimpulannya, musik itu adalah antena penggerak mood.

Jumat, 31 Mei 2013

Ibuku, Wanita terhebatku

fotoku dan ibu, saat aku masih kecil
Bismillahirahmannirahim ..

Ibuku, wanita terhebatku ..

Ibuku adalah seorang wanita yang paling hebat dan istimewa di dunia, itu menurutku. Sembilan bulan ibuku mengandungku didalam perutnya. Mual, pegal, letih dan rasa sakit yang dideritanya tak membuat ibuku mengeluh. Ia selalu ikhlas menjalaninya, terlebih lagi ketika menerima anugerah dari tuhan berupa seorang buah hati yang pertama. Ya, aku adalah anak pertama. Artinya, waktu itu ibuku baru pertama kali mengandung dan pertama kali juga melahirkan. Terkadang aku membayangkan, Bagaimana raut muka ibuku saat melahirkanku? Bagaimana rasa sakitnya saat mengeluarkanku dari rahimnya? Bagaimana perasaan ibu saat pertama kali mendengar tangisanku pecah di dunia? Dan masih banyak pertanyaan lagi yang menghinggapiku hingga saat ini. 

Ibuku selalu merawatku dengan sepenuh hati, ia selalu memberikan makanan yang bergizi, sehingga aku bisa tumbuh sehat dan normal. Selain pandai dalam memberi keluarga kami nutrisi, ibuku juga seorang pekerja keras. Ia adalah seorang guru sekolah dasar, ia mengajar di sebuah sekolah kecil di daerah yang agak terpencil. Ibuku terkenal ramah dan disenangi oleh murid – muridnya serta semua guru disana. Ibuku benar – benar penyayang dan sabar, ia mengajar murid kelas 1 SD, kalian tahu sendiri kan? bagaimana repotnya mengurus anak kecil berumur sekitar 7 hingga 8 tahunan dengan jumlah yang tidak sedikit? tapi ibuku tidak pernah mengeluh dalam mendidik mereka. Terkadang ibu bercerita padaku, jika ingin menjadi guru memang harus sabar dan ikhlas. Dari situ aku belajar, bahwa keikhlasan dan kesabaran itu sangat penting dalam menjalani kehidupan. Ibuku mengajar SD dari pukul 7 pagi hingga 12 siang, kemudian pukul 2 ibuku bekerja kembali. Selain guru SD, ibuku juga guru mengaji di sebuah TPQ (Taman Pendidikan Qur’an), dari pukul 2 hingga pukul 4 ia mengajar beberapa murid untuk membaca Al-Quran. Ibuku dikenal baik oleh masyarakat, entah itu di lingkungan rumah, sekolah maupun lingkungan ia mengajar mengaji. 

Jumat, 26 April 2013

hey girls, sudahkah anda berhijab ?

Haloo guys , ketemu lagi sama cerita runa yang makin kesini makin kece ajaa :3 *lemparin sandal*
Kali ini aku bakalan bahas tentang pengalamanku berhijab, ada beberapa temen yang Tanya – tanya sama aku seputar berjilbab.  emm karena aku orangnya baik hati, tidak sombong, dan rajin menabung,  kali ini aku bakal menjawab pertanyaan – pertanyaan mereka. sebenernya udah aku jawab dari dulu – dulu tapi aku post di blog sekalian deh biar semua tau dan siapa tau mau ikutan berhijab juga abis baca ceritaku ini hihi. Langsung yuuk cekidot :3 *siapin cemilan*

Runa , kamu pake jilbab mulai kapan sih ?
ini kayaknya umur 3 atau 4 taun :3
Ehmm, aku pake jilbab itu sejak kelas 1 SD, pas aku masih unyu – unyu gitu. Kira kira umur 7 tahun kali yaa. kebetulan aku sekolah di MI (madrasah Ibtidaiyah), MI itu setara sama SD. Bedanya, kalo di SD pelajaran agama seperti  fiqih, aqidah, sejarah islam itu dijadikan dalam satu paket. kalo di MI, agama di bagi menjadi beberapa bagian yaitu sejarah kebudayaan islam, fiqih, aqidah ahlak, dan alquran hadist, ehmm seingetku sih itu dulu hehe. jadi, di MI kita dapet paket komplit soal agama ( ah aku rindu masa kecilku ). Kalo kuliah, Cuma dapet pelajaran agama umum dan Cuma 1 semester, sayang banget yaa huhu.

Okeeeeh back to hijab tadi, jadi di keluargaku itu emang kebanyakan pake jilbab semua sih, mulai dari ibukku, adikku, dan sodara – sodaraku juga pada pake jilbab. dulu waktu kecil, aku emang gak disuruh pake jilbab ,tapi liat ibu dan sodara sodara pake jilbab gitu, aku sendiri jadi kepengen soalnya pake jilbab itu lebih sopan hehe. sejak umur 3taunan aku udah dipake in jilbab, tapi pas sekolah TK emang gak pake jilbab, waktu itu aku masih bandel sih haha. akhirnya aku memutuskan untuk memakai jilbab mulai SD dan Alhamdulillah sampe umurku mau kepala dua ini , aku masih memakai jilbab :)

Ribet gak sih run pake jilbab ?

Jumat, 05 April 2013

Curhatanku Di Redaksi 2012/2013 (part 1)


Haloo guysss! ketemu lagi sama cerita runa yang kece badai , tsunami , banjir bandang , pohon tumbang :*

kali ini aku bakal cerita soal apa aja pengalamanku selama menjabat sebagai kepala divisi redaksi 2012 / 2013 . banyak banget cerita selama aku disana , seneng , sedih , capek, semangat , banyak deh pokoknya, pengen tauu ? yuuk simak yuuk *sambil siapin popcorn

Tujuan utama aku masuk redaksi adalah :
memperkenalkan UKM PCC ke masyarakat luas , bukan hanya warga polines aja , tapi juga mahasiswa universitas lain. jadi aku berusaha semaksimal mungkin jika ada event di PCC aku posting terus entah itu di fanpage UKM PCC , twitter PCC dan web PCC . aku tu pengennya mereka tau “oh ternyata ada klub computer keren yaa di POLINES” haha .

aku juga pengen membangkitkan kembali sosial media PCC , aku lihat sih dulu belum banyak yang tau fanpage PCC dan akun twitter PCC , pengennya sih fanpage PCC  banyak yang ngelike dan mereka bisa tau aktifitas kita . dan twitter PCC dulu juga jarang ada yang update , berhubung aku suka online nih yaa , aku manfaatin aja gelarku sebagai “miss online” untuk mengelola beberapa akun PCC biar rameee , banyak dikenal masyarakat luas , ya intinya sama kaya pertama tadi sih “MASYARAKAT LUAS BISA KENAL SAMA PCC” .

Contohnya nih, kebetulan aku langganan jadi penanggung jawab sie. Publikasi di event – event PCC .Jadi nih yee tiap event mukaku berubah jadi pamflet hidup gicuuuu wahahahah . Kali ini aku focus sama publikasi SEMNAS 4G.  aku sengaja nge-tag pamflet ke temen – temen facebookku yang ada di Jakarta , bandung , dan surabaya haha . dan apa yang terjadi ? ternyata ada orang jakarta yang MINAT ikutan seminar nasional , kalo gak salah dari akademi Telkom Jakarta , dan kemaren juga ada anak BINUS JAKARTA yang  katanya minat sama seminar kami huehehhe . semoga PCC bisa GO nasional atau bahkan INTERNASIONAL DEH !

hidup publikasi ! hidup koar  - koar ! hidup muka pamflet !

Emmm , balik lagi ke divisi redaksi yuuuk…
aku masih inget banget pengumuman STO PCC 2012/2013 itu adalah tanggal 10 mei 2012 , dan aku dikasih kepercayaan sama mas mimin berponi (mas ardey) untuk menjadi KADIV REDAKSI . dan waktu itu aku seneng banget ya , soalnya anggotaku ada pacarku sendiri (sekarang mantan)  trus ada temen yang sesama prodi, trus juga ada mbak imana. Emm oke , setelah dikasih jabatan sebagai kadiv , langsung deh aku sama anggota – anggotaku kumpul bareng mbahas proker (program kerja) . Sebelumnya aku udah diskusi sih sama mantan divisi redaksi taun sebelumnya , dari situ aku udah ada pandangan mau bikin apa aja . dan akhirnya kita sepakat merancang 6 proker yaitu bulletin bulanan , PCC on tips and trick bulanan , publikasi social media dan website , selebaran si CAKRA dan PPM ,  film documenter , dan album kenangan . Dari awal aku udah semangat banget mau nyelesain proker itu bareng anggota – anggotaku , semoga semuanya terlaksana gak ada yang ketinggalan  entah karena males atau hal gak penting apapun .

prinsipku :
“walaupun suasana hati berantakan , semua proker  harus tetep jalan “

Kamis, 04 April 2013

Coming soon : SEMINAR NASIONAL 4G "more speed more implementation"


UKM PCC POLINES proudly present :

GREAT EVENT OF THIS YEAR !
"SEMINAR NASIONAL 4G - more speed more implementation"

ARE YOU READY FOR THE NEXT GENERATION ??

4G merupakan perkembangan dari teknologi 3G . dengan menggunakan 4G kita akan mendapatkan layanan berkualitas tinggi, kecepatan data yang lebih cepat dan masih banyak manfaat lainnya . dengan mengikuti seminar ini kalian bakal nambah ilmu tentang generasi terbaru ini ,dan dapat mengimplmentasikannya ke semua aspek komunikasi .

SEMINAR INI AKAN DILAKSANAKAN PADA:

Hari / tanggal : Minggu , 14 April 2013
Pukul : 08.00 - selesai
Tempat : Ruang Serba Guna POLINES . Jl. prof sudharto , tembalang

PEMBICARA :
1. Ir. Uke kurniawan Usman , M.T ( dosen IT Telkom Bandung , penulis buku fundamental teknologi seluler LTE)
2. Subuh Pramono S.T.,M.T. (Praktisi telekomunikasi )
3. Michael, S.kom ( smartphone-community.com , pengasuh rubik korek suara merdeka)

Senin, 25 Februari 2013

Beautiful moments with informatics engineering

halooo guyssss, ketemu lagi sama cerita runa yang paling kece badaaiiii dan cetaarr !!

duuh udah agak lama nih aku gak nulis yaa . kali ini aku bakal cerita tentang KKL (kuliah kerja lapangan) ya istilah anak sekolahnya tuh study tour gicuuu . KKL tahun ini tema-nya adalah "WE VISIT FOR OUR FUTURE" .  informatika kelas A dan B akan mengunjungi beberapa perusahaan IT ternama di Indonesia dan mengunjungi beberapa tempat hiburan . sempet simpang siur tentang tujuan KKL informatika kali ini , dulu pada minta ke BALI tapi dosen dan KAPRODI menyarankan kalo KKL nya di Jakarta bandung aja soalnya banyak perusahaan IT yang bagus . sempet terjadi keributan , permusuhan, perdebatan , bunuh-bunuhan (oke itu aku ngawur) .   akhirnya kami nurut aja deh apa kata mereka . mungkin ini yang terbaik buat kita, lebih baik kita putus aja yaa ( #salahFokus -_- ). 

Dan ada juga masalah tentang biaya yang mungkin terbilang cukup mahal kalo dibandingkan dengan prodi lain yang selisihnya sampe 300 ribuan, padahal tujuan kita sama - sama ke jakarta - bandung . kami pake bironya dosen wali , emang sih mahal , tapi aku percaya sama biro – nya , pasti ngasih pelayanan yang memuaskan . tapi emang asli memuaskan kok , enelaaann dehh . Pilih NIA TRANS , jangan lain (  malah iklan ).

Sebelum berangkat , ada masalah dikit, celana jeans ku ilang  :’ bingung banget nih ntar aku KKL pake celana apa coba ? untung masih ada sisa celana jeansku yang gak di maling orang , trus akhirnya aku minjem celana jeans nya adekku hahaha . kampret bangettt ! keaadaan udah kempropok mau berangkat malah celananya ilang , masa’ iya aku ngunjungin perusahaan IT pake hotpants ? ya gak kece dong braaay ntar aku di kira mau mangkal haha . (padahal aku gak punya hotpants )

Senin, 28 Januari 2013

Hal terindah itu adalah kamu ..


Sebelum aku berumur 19 tahun , aku mengenalmu. Kamu selalu menemaniku , sehingga aku tidak merasa sendiri di kehidupan ini . Kamu selalu membuatku kembali tersenyum ketika aku sedih , kamu selalu menenangkanku disaat aku sedang menangis dan berada dalam masalah . Aku memang cengeng, selalu menangis disaat masalah datang menghampiriku. Terkadang aku hanya ingin menangis sendirian di dalam kamar untuk menenangkan hatiku . Tapi sekarang, Aku bahagia, tuhan menciptakanmu untuk menemaniku dan mengubah tangisan itu menjadi sebuah senyuman. Saat itu aku masih belum mengetahui bagaimana perasaanmu terhadapku . Kamu selalu ada disaat aku membutuhkan seseorang untuk bersandar dan menceritakan masalahku yang tidak bisa aku hadapi sendiri . Aku  bertanya – Tanya , apakah kamu diciptakan tuhan untuk menemaniku ? aku harap itu benar- benar kamu.  aku sangat ingin orang baik sepertimu bisa berada disisiku selamanya . Hingga aku yakin , bahwa aku sangat menginginkannya . apakah kamu juga begitu ?

49 hari sebelum aku berumur 19 tahun, kamu menyatakan perasaanmu kepadaku. Aku sangat bahagia, ternyata kamu juga merasakan hal yang sama sepertiku . Dan hari itu, kamu menjadi kekasihku . Hari – hariku menjadi lebih berwarna sejak ada kamu. Kamu selalu membuatku tersenyum setiap hari , aku mulai melupakan hal yang bernama “kesedihan” dan mataku selalu kering dari air mata. Ya tuhan, terimakasih kau telah mengirimkan dia untuk mewarnai hariku, izinkan aku terus bersamanya agar aku tak mengenal lagi apa itu kesedihan dan airmata .

Jumat, 18 Januari 2013

Sepenggal Kisah di PCC (part 2)


haloo guysss , ketemu lagi nihh di cerita runa ! udah pada baca  sepenggal kisah di PCC part 1 beluuummm ? kalo belumm baca ini dulu yuukk >> sepenggal kisah di PCC part 1 
kaloo udah pada bacaaa , saatnya baca yang part 2 yaaa ! check this out ;)

JULI
Awal juli ,tanggal 1 juli 2012,  kami bantuin DANUS jualan buah di car freeday , tapi susah banget dapet pelanggan haha akhirnya kita foto – foto aja disana , hmmm . sedikit curcol , bulan juli aku udah gak sama dia lagi guys L tapi walaupun udah gak bareng – bareng lagi , kita masih dipersatukan dalam satu divisi sampai regenerasi PCC. Kejadian ini juga ngajarin aku biar bisa professional ,yahh walaupun aku kurang professional ckck. Iyaa, di divisi redakisi,  aku sebagai kadiv dan dia sebagai anggota . Emang awalnya agak berat , tapi semoga lama – lama bisa terbiasa . sampai sekarang pun kami masih tetap bekerja sama meneruskan proker redaksi yang belum terlaksana hehe . Dia juga bantuin aku di bikin bulletin bulanan, desain tips and trick dan masih banyak lagi , makasih yaaa hehe .  antara seneng dan sedih kalo  lagi kerja bareng, tapi mau gak mau aku harus kuat :D bismillah . oh iyaa bulan juli juga aku dateng ke kampus buat bantuin danus nyebar selebaran katering LDK warna , alhamdulillah yaa PCC dapet 60 orang lumayanlah . aku juga promo ke adek – adek kelasku dulu yang kuliah di polines hehe , soalnya beberapa adek kelasku ada yg kuliah di polines juga dan kebetulan aku kenal sama mereka .

ini pas car freeday :)


AGUSTUS
Agustus ituuu, galau banget di rumah haha. padahal itu pas liburan dan bulan puasa yee . di rumah gak ada kerjaan sih , isinya tidur , sahur , galau , buka  traweh , tadarus , tidur dan begitu seterusnya haha . oh iyaa  akhir agustus itu aku kembali ke kampus , iyaa aku bantuiin danus bagi katering ke maba yang lagi LDK dan warna  , seruu banget ! disana aku juga ketemu sama adek – adek kelasku dan pas liat aku bagiin katering  , mereka teriak – teriak “mbak runaa.. mbak runaaa” kampreett maluu gue , haha . trus ada juga adek kelas yang belum aku kenal , dia Tanya “mbak fahrunnisa yaa ? “ yeaahh kok dia tau bentukku ya , itu adeknya sekarang ikutan PCC juga lohh haha .

ini pas bagi katering LDK - WARNA

Senin, 07 Januari 2013

Sepenggal Kisah di PCC (part 1)

Haloo ketemu lagi di cerita runaaaa yang paling unyu gak penting ini tapi masih tetep dibaca hahaa :3 

Emm kali ini aku bakal posting tentang perjalananku di PCC , sebuah unit kegiatan mahasiswa dibidang IT / computer yang paling aku cintai , sayangi , kagumi . Tak terasa udah setaun lebih aku gabung di PCC , udah Banyak cerita , entah itu suka maupun duka, kejadian lucu, kejadian terkampret juga ada , nyampur jadi satu deh pokoknya hahaha . I love you PCC  .

cerita soal PCC itu , gak cukup diceritain cuma 3 lembar microsoft word aja , soalnya ceritanya panjang banget , ciyusaan :3 makanya nih aku bagi menjadi beberapa part , mungkin sampe part 3 kali :) nah untuk part 1 ini , aku ceritain pas bulan september 2011 sampe juni 2012 dulu yaa :)

Cerita ini aku bikin sesuai bulan kejadian , aku lengkapin sama tanggalnya yang pas aku inget aja sih , aku juga inget kejadian – kejadiannya lumayan detail loo ciyuss enelan gak pake boong :3 . maklum yeee AKU KAN PENGINGAT YANG BAIK ! (songong banget lu run) . Entah itu penting apa kagak  pasti aku inget , tapi kadang hal penting yang penting banget pun aku malah lupaaaa . misalnya nih yeee, KHS semester 1 dan 2 punya gue ilang meenn  :( nasib gue gimana , penting gak sih KHS ? hahha . heran guee, apa di otakku ini gak ada filternya yaa ? kenapa ane gak bisa misahin mana yg harus diinget dan mana yang gak boleh diinget-inget ? runa memang makhluk dengan spesies yang aneh ckckkc .

Oh iyeee,  kejadian pas TK aja aku masih inget sampe sekarang , misalnya nih yee pas itu aku lagi diboncengin babe ane naik motor dan ane mboncengnya di depan babe , biasalah anak kecil kan biasanya didepan.  trus pas turun harusnya kan lewat kiri yaa, nah itu aku turunnya dari kanan dan aku gak sengaja pegangan stirnya babeku yang sebelah kanan, padahal stir sebelah kanan kan buat nge-GAS motor ya ? alhasil pas aku  pegangan stirnya  tiba- tiba motornya nge – gas dan mblusuk di semak – semak , akhirnya  babeku nggledak (jatuh) dan aku selamat . kampreet bener kelakuanku pas masih kecil tapi ciyusaaannn aku gak sengaja kok L  . sampe sekarang masih inget banget sama kejadian itu  dan mulai saat itu aku gak bakalan mbonceng babe didepan lagi !
(yaiyalaahh run   badan lu udah segede bagor begonoo mau mbonceng di depan)  

Okee , saatnya cerita soal PCC , dimulai dari bulan September 2011 yeee , pas aku masih unyu - unyu jadi mahasiswa baluu :3


Fanpage Cerita Runa
×